Liputan

Liputan Rumah Sakit Mitra Keluarga Tegal

SIANG KLINIK MANAGEMENT OF CRISIS HYPERTENSION AND CEREBROVASCULAR DISEASE

liputan-tegal

SIANG KLINIK MANAGEMENT OF CRISIS HYPERTENSION AND CEREBROVASCULAR DISEASE

Saat ini kasus stroke dan hipertensi tidak hanya menjadi penyakit yang harus diwaspadai oleh lansia saja, namun baru-baru ini banyak ditemukan kasus stroke dan hipertensi pada pasien dengan usia muda. Semakin kompleksnya gaya hidup masa kini, disertai dengan pola makan yang tidak sehat, dan pola olahraga yang tidak teratur menyebabkan banyak penyakit-penyakit bermunculan dan menyerang pasien dari berbagai kalangan usia.
Semakin tingginya kasus stroke dan hipertensi dengan berbagai macam kasus, maka semakin tinggi pula tuntutan dari pasien dalam penanganan kasus tersebut. Hal ini tentunya juga menjadi tuntutan bagi para dokter untuk semakin meningkatkan kemampuannya, terutama dalam hal pengetahuan medis dan kompetensi dalam segala bidang.
Berangkat dari semakin tingginya angka kasus kematian dan kecacatan, terutama pada pasien dengan serangan stroke karena hipertensi, maka RS Mitra Keluarga Tegal pun mengangkat tema “MANAGEMENT OF CRISIS HYPERTENSION AND CEREBROVASCULAR DISEASE” dalam Siang Klinik yang diadakan pada Rabu, 19 November 2014 yang lalu.
Bertempat di Karlita International Hotel Tegal, hadir kurang lebih 250 peserta seminar, dimana mayoritas peserta seminar merupakan dokter yang berasal dari berbagai wilayah seperti tegal, Pemalang, Slawi, Brebes,dll
Siang Klinik yang menghadirkan 2 pembicara ini, mengangkat Materi tentang “Penatalaksanaan Krisis Hipertensi” dengan menghadirkan dr. Iwandheny Sepmeitutu, MSc, Sp.PD yang juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam fulltimer RS Mitra Keluarga Tegal, disambung dengan materi tentang “Penanganan Intervensi Stroke Haemoragic” yang disampaikan oleh dr. Rizal Hakim, Sp.BS.
RS Mitra Keluarga Tegal selaku penyelenggara acara berharap melalui program-program edukasi ilmiah semacam ini, para dokter dapat senantiasa meningkatkan pengetahuan dan wawasannya dalam hal perkembangan dunia medis, utamanya up date terhadap informasi dan kasus-kasus yang sedang marak terjadi.

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL TAHUN 2014

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL TAHUN 2014

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL TAHUN 2014

Selasa, 25 November 2014 yang lalu RS Mitra Keluarga Tegal kembali mendapatkan kepercayaan dari Bank Indonesia Tegal dalam hal pelaksanaan Medical Chek Up (MCU) bagi Karyawan dan Keluarga (Istri karyawan) Bank Indonesia Tegal.

Setelah sebelumnya RS Mitra Keluarga Tegal dipercaya untuk melaksanakan pemeriksaan MCU bagi calon karyawan Bank Indonesia, pada bulan Oktober yang lalu, kali ini, Bank Indonesia Tegal kembali mempercayakan pelayanan MCU bagi karyawan dan Keluarga Bank Indonesia Tegal kepada RS Mitra Keluarga Tegal.
MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL TAHUN 2014
Bertempat di kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jl. Dr Sutomo No. 55 Kota Tegal, sejumlah karyawan melakukan pemeriksaan Medical Chek Up (MCU) yang terdiri dari pemeriksaan laboratorium (pengambilan darah dan urine), pemeriksaan fisik oleh dokter, dan pemeriksaan EKG. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 ini melibatkan kurang lebih 20 orang karyawan Bank Indonesia Tegal.

Kegiatan Medical Chek Up ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun, bagi karyawan/karyawati Bank Indonesia Tegal beserta Keluarga. Jenis pemeriksaan yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari Medical Chek Up Lengkap bagi pejabat dan pegawai kasir yang telah berusia diatas usia 40 tahun, Chek Up Rontgent untuk sejumlah karyawan, Pemeriksaan Pap’S Smear untuk karyawati dan istri pegawai, serta pemeriksaan USG payudara untuk karyawati dan istri karyawan dengan total jumlah peserta sebanyak 70 orang.
MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL TAHUN 2014
Adapun untuk jenis pemeriksaan lain yang tidak dapat dilaksanakan di Kantor Bank Indonesia, peserta diarahkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut (seperti treadmill, Rontgent dan Pap’S Smear serta USG Payudara) di RS Mitra Keluarga Tegal.

Melalui kegiatan MCU lengkap yang diselenggarakan secara rutin ini, Pihak Bank Indonesia Tegal berharap agar kesehatan dan kondisi fisik karyawan dapat senantiasa terpantau dan terkontrol status kesehatannya, sehingga dengan kondisi kesehatan yang prima, karyawan Bank Indonesia Tegal dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan baik.

LOMBA MEMBACA & BALITA CERIA RS Mitra Keluarga Tegal

LOMBA MEMBACA & BALITA CERIA RS Mitra Keluarga Tegal

Dalam Rangka memperingati Hari Anak Nasional, RS Mitra Keluarga Tegal kembali menggelar event special khusus untuk anak-anak di Kota Tegal dan sekitarnya dengan tema “Lomba Membaca & Balita Ceria 2014″, Bertempat dihalaman Area parkir depan RS Mitra Keluarga Tegal.
Minggu 28 September 2014 yang lalu, RS Mitra Keluarga Tegal tampak lebih ramai dari hari-hari biasanya. Sekitar 150 anak, tampak telah memadati arena lomba, meskipun waktu masih menunjukkan pukul 09.00 WIB. Dengan didampingi oleh orang tua masing-masing, sejumlah anak tampak antusias untuk mengikuti lomba membaca dan balita ceria tersebut, hal ini nampak dari ekspresi para peserta lomba yang rela antri dan menuggu giliran tampil sebelum dipanggil untuk mengikuti lomba oleh panitia. Sejumlah anak tampak mengenakkan kostum lucu dan unik demi menarik perhatian dewan juri.
Acara lomba membaca dan balita ceria dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan yang disampaikan oleh Manager Marketing dan Umum RS Mitra Keluarga Tegal, Ibu Lusi Priska. Usai sambutan acara kemudian dibagi menjadi 2 jenis lomba, yaitu lomba membaca kategori A (Untuk anak usia 4 – 5 tahun) dan kategori B (Untuk anak usia >5 – 6 tahun) serta lomba balita ceria, yang juga dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori A (Untuk Balita usia 1-3 tahun) dan kategori B (Untuk balita usia >3-5 tahun).
Hadir sebagai Juri lomba membaca yaitu Miss Nurul pengajar dari salah satu sekolah rekanan RS Mitra Keluarga Tegal, dan dr. Felix Candra, Sp.A serta dr. Setiyadi, Sp.A selaku dokter spesialis anak RS Mitra Keluarga Tegal.
Dalam lomba membaca dan balita ceria ini, para peserta lomba tampak berusaha menunjukkan performance terbaik mereka. Para peserta dinilai baik secara penampilan (kostum), ketrampilan (membaca) maupun kesehatan dan tumbuh kembangnya (balita ceria). Sambil menunggu antrian, agar para peserta lomba tidak merasa bosan dan tetap semangat mengikuti lomba, panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah doorprise, hiburan lucu dan menarik, serta musik dan lagu anak-anak yang tak kalah seru dan menarik.
Setelah semua peserta lomba selesai mengikuti sesi penilaian, maka acara yang mendebarkan dan paling dinanti pun tiba, yaitu pengumuman juara lomba. Pungkas acara setelah melalui penantian panjang, panitia pun akhirnya memanggil nama-nama pemenang lomba membaca dan balita ceria, serta menyarahkan tropy, piagam dan hadiah bingkisan kepada para pemenang lomba. Selamat bagi para pemenang!

Mendekatkan Pelayanan RS Mitra Keluarga Tegal Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat

Pelayanan RS Mitra Keluarga Tegal

Pelayanan RS Mitra Keluarga Tegal

Dalam rangka lebih mendekatkan pelayanan RS Mitra Keluarga Tegal kepada seluruh lapisan masyarakat, RS Mitra Keluarga Tegal kali ini membuka stand pemeriksaan kesehatan dan promo pemeriksaan laboratorium di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal pada hari Sabtu, 28 Oktober 2014 yang lalu.

Kali ini bekerjasama dengan Paguyuban Arisan Haji Kota Tegal, acara yang dibuka dengan kegiatan senam bersama ini, melibatkan kurang lebih sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari peserta pria dan wanita.

Pelayanan RS Mitra Keluarga Tegal

Pkl. 06.00 WIB sejumlah tim MCU dari RS Mitra Keluarga Tegal sudah bersiap di lokasi. Usai menyelesaikan senamnya, para peserta langsung diarahkan untuk menuju stand pemeriksaan kesehatan RS Mitra Keluarga Tegal. Sejumlah peserta antusias untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti diantaranya pengukuran tekanan darah (tensi), tes pemeriksaan darah (kolesterol, asam urat, trigliserida, HDL, LDL,dll).

Para peserta menyampaikan bahwa mereka sangat mendukung kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut. Peserta berharap agar kegiatan serupa dapat diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan.

MEDICAL CHEK UP
CALON KARYAWAN BANK INDONESIA TEGAL

MEDICAL CHEK UP CALON KARYAWAN BANK INDONESIA

MEDICAL CHEK UP CALON KARYAWAN BANK INDONESIA

Sabtu, 11 Oktober 2014 yang lalu RS Mitra Keluarga Tegal dipercaya untuk menjadi pihak penyelenggara dalam pelaksanaan kegiatan Medical Chek Up (MCU) calon karyawan Bank Indonesia Tegal Tahun 2014.

Bertempat di R. Auditorium Lantai 4 dan R. Radiologi RS Mitra Keluarga Tegal, hadir 40 orang peserta MCU dari total 41 peserta yang diundang. Acara MCU yang diadakan sejak pagi hari Pkl. 06.30 sampai dengan Pkl. 13.00 berjalan lancar tanpa adanya suatu kendala yang berarti.

Kegiatan yang merupakan bentuk kerjasama pelayanan kesehatan antara RS Mitra Keluarga Tegal dengan Bank Indonesia Tegal ini semakin mempererat hubungan kerjasama dari kedua belah pihak, dimana hal ini merupakan bentuk komitment dari RS Mitra Keluarga Tegal untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada seluruh rekanan dan masyarakat luas dengan berfokus pada kepuasan pelanggan.

MEDICAL CHEK UP CALON KARYAWAN BANK INDONESIA

Pelaksanaan Medical Chek Up diwarnai oleh sejumlah kegiatan baik dalam bentuk kegiatan yang bersifat administratif maupun kegiatan yang berupa rangkaian pemeriksaan kesehatan lengkap. Dokter Yanuar A Pradana kali ini bertugas menjadi dokter pemeriksa MCU, dengan didampingi oleh sejumlah tim MCU yang lain, kegiatan pemeriksaan pun dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar hingga seluruh rangkaian pemeriksaan berakhir.

KENALI PERBEDAAN OSTEOPOROSIS DAN ASAM URAT

Apakah anda sering mengalami nyeri pada bagian tubuh tertentu? Pegal, kram atau kesemutan saat melakukan aktivitas? Kenali gejalanya dan temukan solusinya. Seringkali keluhan-keluhan tersebut dianggap remeh dan tidak diketahui secara pasti apa penyebab dan diagnosa klinisnya. Masyarakat awam cenderung menyebut rasa pegal, kram dan kesemutan dengan asam urat.
Untuk lebih mengedukasi masyarakat agar lebih mengenali keluhan fisik sedini mungkin, dan segera mengatasi keluhannya, sehingga tidak berkelanjutan, RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengadakan seminar awam dengan Tajuk “KENALI PERBEDAAN OSTEOPOROSIS DAN ASAM URAT”.
Acara yang digelar pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014 ini menghadirkan dr.Iwandheny Sepmeitutu MSc,Sp.PD sebagai pembicara. Dokter Iwan merupakan dokter Spesialis Penyakit Dalam fulltimer dari RS Mitra Keluarga Tegal.
Acara seminar yang diadakan kali ini juga dalam rangka memperingati hari osteoporosis nasional dan international yang jatuh pada tanggal 20 Oktober 2014
Osteoporosis dan asam urat, kini tak lagi mengenal usia. Secara gejala dan keluhan pun kadang hampir dirasa sama oleh penderita. Namun perlu diwaspadai bahwa osteoporosis yang sering dikenal dengan penyakit “pencuri masa tulang”, jika tidak dikenali sejak dini gejalanya, ternyata dapat beresiko fatal bagi penderitanya. Resiko-resiko osteoporosis antara lain berupa tulang rapuh dan mudah patah, rasa nyeri pada tulang, tubuh membungkuk sehingga mengganggu aktivitas, hingga resiko terberat berupa cacat dan kematian.
Dr. Iwan memberikan tips untuk mengenali perbedaan gejala antara keluhan asam urat dan osteoporosis, perbedaan terapi dan pengobatan serta perbedaan pencegahannya.
Terakhir, khusus untuk keluhan osteoporosis dr. Iwan menyarankan untuk mengenali jumlah kebutuhan kalsium masing-masing pribadi, sehingga dapat dipenuhi asupan kalsium yang cukup sesuai kebutuhan. Tak lupa biasakan pola hidup sehat dengan olahraga dan konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup.

Seminar Kehamilan “Periode Emas Siapkan Anak Ke Masa Depan”

Kehamilan bukanlah suatu halangan untuk membuat seorang wanita tetap aktif dengan berbagai kegiatan dan rutinitasnya. Meski demikian, kesehatan dan kebugaran dimasa kehamilan tetap harus dijaga dan diperhatikan. Demi memberikan edukasi dan spirit kepada para Ibu Hamil, RS mitra Keluarga Tegal menggandeng Prenagen dalam acara yang bertajuk “Periode Emas Siapkan Anak Ke Masa Depan”.
Acara yang menghadirkan dr.Lisdayanti Sp.OG sebagai pembicara tersebut diadakan di R. Auditorium RS Mitra Keluarga Tegal pada hari Sabtu,16 Agustus 2014 lalu.
Hadir kurang lebih 50 Ibu hamil dalam acara tersebut. Acara edukasi pre natal class untuk Ibu hamil ini memang sudah lama diagendakan, sebagai komitmen dari RS Mitra Keluarga Tegal untuk memberikan edukasi selengkap-lengkapnya mengenai proses persiapan persalinan, perawatan kehamilan serta persiapan pasca persalinan kepada para Ibu hamil, sehingga mereka dapat menjalani masa kehamilan dengan penuh persiapan, relaks dan semangat.
Tidak hanya materi edukasi kehamilan dan persalinan yang diberikan dalam acara tersebut, namun RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengajak para Ibu hamil peserta seminar untuk dapat lebih menjaga kesehatan fisik dan kehamilannya, sehingga para Ibu hamil tsb senantiasa bugar dan semangat dalam menjalani aktivitasnya. Selesai dr. Lisda menyampaikan materi, acara langsung disambung dengan Senam Bellydance bersama yang dipimpin oleh instruktur senam, didampingi oleh beberapa bidan.
Tak kalah meriah peserta senam dengan penampilan terbaik pun tak luput dari pengawasan juri, untuk selanjutnya mendapatkan hadiah dari RS Mitra Keluarga Tegal. Acara yang sengaja dikonsep dengan dress code “bernuansa ungu” ini semakin meriah ketika dr. Lidayanti Sp.OG memilih salah satu peserta dengan dress code terbaik untuk mendapatkan hadiah.
Pungkasnya acara pun ditutup dengan pengundian sejumlah doorprise untuk peserta yang beruntung.

SIANG KLINIK AKREDITASI IDI
UP DATE MANAGEMENT OF OSTEOARTHRITIS AND SPINAL PAIN

UP DATE MANAGEMENT OF OSTEOARTHRITIS AND SPINAL PAIN

UP DATE MANAGEMENT OF OSTEOARTHRITIS AND SPINAL PAIN

Dalam rangka lebih memperluas wawasan dan pengetahuan rekan dokter umum sejawat, RS Mitra Keluarga Tegal kembali menggelar Siang Klinik akreditasi IDI 4 SKP dengan tajuk “UP DATE MANAGEMENT OF OSTEOARTHRITIS AND SPINAL PAIN”.
Acara yang digelar hari Kamis, 12 Juni 2014 di Karlita Int Hotel Jl. Brigjend Katamso ini berhasil menarik sekitar 230 dokter dari sekitar wilayah Kota Tegal, Kab Tegal, Brebes dan Pemalang untuk hadir dalam acara tersebut.
UP DATE MANAGEMENT OF OSTEOARTHRITIS AND SPINAL PAIN
Acara yang dibuka dengan sambutan oleh direktur RS mitra Keluarga Tegal ini, semakin ramai dan meriah ketika dr Doody Sp.KK selaku pengurus IDI Kota Tegal bidan Etik dan Hukum Kedokteran, mengajak para dokter untuk berdiri dan menyerukan yel-yel IDI, secara kompak agar para dokter peserta seminar semakin semangat mengikuti acara.

Tak kalah bersemangat, segera Dokter Trianggoro Sp.S dan dokter Hery Susanto Sp.OT, bersinergi dan berkolaborasi sebagai narasumber, untuk berbagi materi mengenai spinal pain dan osteoarthritis secara luas dan mendalam kepada para peserta seminar. Berbagai macam kasus yang banyak dijumpai dilapangan mereka sampaikan kepada para peserta seminar, alhasil, karena sudah tidak sabar ingin mangajukan pertanyaan, para peserta seminar berebut mengajukan pertanyaan saat sesi diskusi dan tanya jawab dibuka.

Karena waktu telah menunjukkan pukul 14.00 WIB, acara siang klinik pun harus segera diakhiri. Pungkas acara, seperti biasa, sejumlah doorprise menarik berhasil dibawa pulang oleh para peserta yang beruntung, ditutup dengan makan siang bersama.

Ceramah Kesehatan Bersama GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Brebes

Selasa 13 Mei 2014 yang lalu, RS. Mitra Keluarga Tegal (RSMKT) kembali didaulat oleh GOW Brebes, salah satu organisasi wanita, yang beranggotakan sejumlah organisasi wanita seperti IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), Darma Wanita, PKK, IIDI, Bhayangkari, dll. Bertempat di kantor GOW Brebes, RSMKT diminta untuk mengisi ceramah kesehatan dengan tema Osteoarthritis yang disampaikan oleh dr. Iwandheny Sepmeitutu, MSC, Sp. PD. Secara mendetail dr Iwan menjelaskan mengenai Osteoarthritis dari segi gejala hingga terapi yang akan dilakukan. Acara ini mendapat sambutan yang baik oleh kurang lebih 30 peserta yang hadir. Tak kalah seru acara dimeriahkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta yang memang didominasi oleh para wanita usia 40 tahun keatas. Sebagai penutup acara ini semakin meriah dengan diadakannya pembagian doorprize untuk para peserta.

CERAMAH KESEHATAN BERSAMA IWABA (IKATAN WANITA BANK) CERAMAH KESEHATAN BERSAMA IWABA

Pada kesempatan kali ini, RS Mitra Keluarga Tegal didaulat untuk mengisi acara ceramah kesehatan dalam kegiatan arisan rutin IWABA (Ikatan Wanita Bank) Tegal. Bertempat di sebuah rumah makan “Warung Pecel Procot” hadir kurang lebih 50 peserta arisan yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu, istri dan karyawati Bank Tegal yang berasal dari sejumlah Bank pemerintah dan swasta di wilayah Kota Tegal, Kab Tegal, Brebes dan Pemalang. Dengan familiar dan detail, dr Iwandheny Sepmeitutu Sp.PD, Msc, membawakan materi mengenai Osteoarthritis, yang kebanyakn menyerang wanita, usia 40 tahun ke atas. Beberapa factor resiko, gejala, dan terapi dijelaskan oleh dr Iwan dengan jelas, dan mudah ditangkap oleh orang awam sekalipun. Agar suasana semakin hangat dan akrab, dokter Iwan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan pertanyaan. Usai kegiatan tanya jawab, acara semakin meriah ketika dilanjutkan dengan pembagian doorprise dan Tanya jawab seputar informasi mengenai RS Mitra Keluarga Tegal.

SEMINAR BIDAN AKREDITASI IBI PENANGANAN TERKINI KASUS BEDAH PADA BAYI BARU LAHIR

SEMINAR BIDAN AKREDITASI IBI PENANGANAN TERKINI KASUS BEDAH PADA BAYI BARU LAHIR

SEMINAR BIDAN AKREDITASI IBI PENANGANAN TERKINI KASUS BEDAH PADA BAYI BARU LAHIR

Sabtu, 12 April RS Mitra Keluarga Tegal menggelar seminar dengan tema Kegawatdaruratan Kasus Bedah Pada Bayi Baru Lahir. Acara yang diselenggarakan di Karlita Int Hotel tsb dihadiri oleh sekitar 400 orang bidan dari sekitar wilayah Kota Tegal, Kab Tegal, Brebes dan Pemalang. Kali ini meskipun seminar yang diadakan adalah seminar bidan berakreditasi IBI namun pembicara yang didaulat untuk menyampaikan materi kali ini bukanlah dokter spesialis kebidanan dan kandungan melainkan dokter spesialis anak dan dokter spesialis bedah anak. Acara diawali dengan pembukaan berupa sambutan oleh Ketua IBI Kota Tegal, Sambutan Oleh Direktur RS MK Tegal dan presentasi RS oleh marketing RS MK Tegal. Mengawali acara dr Felix Candra Sutanto Sp.A mempresentasikan materinya mengenai “Muntah Pada Bayi dan Anak”. Dilanjutkan presentasi kedua Oleh dr. Ruankha Bilommi Sp.BA yang membawakan judul “Atresia Duodenum dan Usus Halus”. Usai menyampaikan materi sesi Tanya jawab pun ramai ditunggu-tunggu oleh peserta. Tak sabar untuk segera mendapatkan jawaban peserta berebut mengajukan pertanyaan kepada kedua pembicara. Selesai tanya jawab acara masih berlanjut dengan pembagian doorprise untuk peserta seminar. Pungkas nya acara ditutup dengan makan siang bersama untuk peserta seminar.

GATHERING DAN DIALOG KEAKRABAN ANTARA RS MITRA KELUARGA TEGAL & AGEN-AGEN ASURANSI lip-tegal

Dalam rangka menjalin keakraban dan mengeratkan kembali hubungan kerjasama, RS Mitra Keluarga Tegal menggelar acara Gathering Dan Dialog Keakraban antara RS Mitra Keluarga Tegal dengan agen-agen asuransi di Kota Tegal dan Sekitarnya. Selasa, 18 Februari kemarin, kira-kira sejumlah 70 agen asuransi yang berasal dari sejumlah asuransi hadir dalam acara tersebut. Acara tersebut berjalan cukup meriah, setelah acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur RS Mitra Keluarga Tegal, drg. E. Setyodewi, MM acara kemudian dilanjutkan dengan dialog antara agen asuransi dan sejumlah pihak perwakilan RS Mitra Keluarga Tegal, yang menghadirkan diantaranya : Koordinator counter spesialis dan counter rawat inap, Koordinator Keuangan, Direktur, Manager Medis, Asisten Manager Keperawatan, serta Dokter Umum UGD. Sejumlah agen tampak antusias menyampaikan pertanyaan dan usulan demi kemajuan RS Mitra Keluarga Tegal. Acara semakin meriah ketika acara dialog diakhiri dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah, dimana dalam acara tsb agen-agen asuransi ditantang untuk menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan goyang Caesar. Sejumlah agen dengan penampilan goyang Caesar yang paling heboh dan menarik dipilih untuk mendapatkan hadiah. Selesai goyang Caesar, agen-agen tsb masih diajak untuk menunjukkan keberaniannya dalam menampilan goyang ca-ca, pembagian doorprise serta acara ramah tamah yang tak kalah seru dan menarik lainnya. Akhir acara, sebelum ditutup oleh MC, peserta diminta bergandengan tangan dan menyanyikan lagu kemesraan bersama-sama. Selesai dengan acara ramah-tamah, acara akhirnya ditutup dengan makan siang bersama antara agen asuransi dengan pihak RS Mitra Keluarga Tegal. Harapannya kedepan acara-acara serupa dapat kembali diadakan sehingga hubungan kerjasama, kedekatan dan keakraban antara pihak asuransi, nasabah, dan RS Mitra Keluarga Tegal bisa semakin terjalin dengan erat.

WASPADA NYERI DADA : GEJALA ASAM LAMBUNG ATAU GEJALA JANTUNG??

WASPADA NYERI DADA : GEJALA ASAM LAMBUNG ATAU GEJALA JANTUNG??

WASPADA NYERI DADA : GEJALA ASAM LAMBUNG ATAU GEJALA JANTUNG??

Sabtu, Tanggal 22 Februari yang lalu RS Mitra Keluarga Tegal mengadakan seminar untuk umum/awam dengan tema tentang penyakit dalam. Tema yang diangkat kali ini adalah mengenai Nyeri Dada yang perlu diwaspadai dan jangan dianggap enteng, karena nyeri dada, meskipun tidak selalu merupakan gejala jantung, namun dapat pula merupakan salah satu indikasi adanya gangguan asam lambung. Hadir sebagai pembicara dr. Iwandheny Sepmeitutu M,Sc, Sp.PD yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam fulltimer RS Mitra Keluarga Tegal. Dalam presentasinya dr. Iwan membahas mengenai perbedaan rasa nyeri pada dada yang diakibatkan oleh gejala jantung dan gejala asam lambung.

Penyebab nyeri dada karena jantung diantaranya :

  • Jantung koroner
  • Jantung bawaan
  • Gagal jantung
  • Tuberkulosis selaput jantung
  • Infeksi
  • Tumor

Faktor resiko :

  • Usia > 45 tahun
  • BB lebih
  • Merokok
  • Riwayat DM
  • Riwayat hipertensi
  • Riwayat kolesterol tinggi
  • Jarang olah raga
  • Nyeri dada karena asam lambung

Penyebab :

  • Gastro esofageal reflux disease (GERD)
  • Tukak lambung
  • Tumor lambung

Faktor resiko :

  • Makan tidak teratur
  • Minum alkohol
  • Makan pedas
  • Konsumsi obat anti nyeri
  • Minum jamu serbuk
  • Penderita DM
  • Penderita gagal ginjal

Gejala :

  • Nyeri dipengaruhi oleh makanan
  • Tidak dipengaruhi oleh aktivitas
  • Rasa terbakar di dada
  • Rasa mbeseseg atau begah di dada
  • Mulut terasa pahit
  • Disertai mual atau muntah
  • Tidak reda dengan istirahat

Penatalaksanaan :

  • Kompres dengan air hangat
  • Minum obat-obatan pereda maag
  • Makan sedikit-sedikit sering
  • Kurangi :
    • Pedas
    • Asam
    • Berlemak
    • Berminyak
    • Alkohol
    • Mengandung gas
    • Minuman bersoda

HOSPITAL TOUR PG & TK PELITA HATI TEGAL KAMIS, 13 FEBRUARI 2014

HOSPITAL TOUR PG & TK PELITA HATI TEGAL KAMIS, 13 FEBRUARI 2014

HOSPITAL TOUR PG & TK PELITA HATI TEGAL KAMIS, 13 FEBRUARI 2014

Kamis, 13 Februari 2014 RS Mitra Keluarga Tegal kembali dikunjungi olehsalah satu sekolah di Kota Tegal, yaitu PG & TK Pelita Hati, dalam rangka kunjungan belajar, sesuai dengan tema belajar dari PG & TK Pelita Hati di bulan ini, yaitu “Belajar Mengenal Profesi”. Sekitar 30 anak tampak memenuhi ruang Loby lantai 1 RS Mitra Keluarga Tegal. Acara diawali dengan kegiatan foto bersama, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi ruang periksa Dokter Spesialis Anak dan Dokter Spesialis Gigi. Selanjutnya agar acara semakin meriah, anak-anak diminta memanggil dr. Felix Candra S, Sp.A untuk memperkenalkan diri dan mengajari anak-anak cara mencuci tangan yang baik sebelum makan, serta cara menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anak-anak. Terakhir, acara ditutup dengan pembagian doorprise, pembagian snack dan balon untuk dibawa pulang anak-anak.

SIANG KLINIK RS MITRA KELUARGA TEGAL UP DATE MANAGEMENT OF CARDIOVASCULER & DM

UP DATE MANAGEMENT OF CARDIOVASCULER & DM

UP DATE MANAGEMENT OF CARDIOVASCULER & DM

Sabtu, 18 Januari 2014 yang lalu RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengadakan siang klinik dengan tema “Up date Management Of Cardiovasculer & DM”. Acara yang diadakan di Hotel Karlita Int ini dihadiri oleh kurang lebih 250 dokter yang berasal dari wilayah Tegal Kota, Brebes, Slawi, Pemalang, dan sekitarnya. Acara siang klinik ini juga diadakan sekaligus sebagai ajang memperkenalkan dokter spesialis penyakit dalam yang baru praktek di RS Mitra Keluarga Tegal, yaitu dr. Iwandheny Sepmeitutu, MSc, Sp.PD. berkolaborasi dengan dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah vasculer, dr. Faris Basalamah Sp.JP. FIHA dari RS Mitra Keluarga Bekasi Timur yang juga praktek setiap satu bulan sekali pada minggu ke-3 di RS Mitra Keluarga Tegal. Dr. Faris membuka acara seminar, dengan menjadi pebicara pertama, dengan mengangkat tema :”Penanganan HT Resistance Dengan Denervasi Renal”, dilanjutkan dengan presentasi materi oleh dr. Iwandheny dengan tema “Kegawatdaruratan Pada DM”. Selesai presentasi acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, tanya jawab dan pembagian doorprise. Acara selanjutnya ditutup dengan makan siang bersama oleh seluruh peserta seminar yang hadir dalam acara tersebut.

BAKTI SOSIAL RS MITRA KELUARGA TEGAL DALAM RANGKA PESTA PERAK 25 TAHUN RS MITRA KELUARGA GROUP MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL

25 Tahun sudah RS Mitra Keluarga Group berkarya untuk bangsa.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-25 Tahun RS Mitra Keluarga Group, secara bergilir 10 RS Mitra Keluarga yang tersebar dari wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah dan Jawa Timur, mengadakan Bakti Sosial untuk masyarakat dalam rangka memberikan sumbangsih dan kontribusi dalam hal pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Pelaksanaan bakti social di RS Mitra Keluarga Tegal, dilakukan secara bertahap, dimulai dengan beberapa kegiatan, seperti diantaranya : Pembukaan Bakti Sosial Oleh Walikota Kota Tegal, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. M. Hafidz, pada tanggal 12 November 2013. Bersamaan dengan acara tersebut, dibuka acara bakti social yang pertama dengan kegiatan operasi bibir sumbing dan hernia, masing-masing untuk 2 orang pasien.

Masih dalam rangkaian kegiatan Bakti social, pada hari Selasa Tanggal 16 November 2013, kembali RS Mitra Keluarga Tegal mengadakan Bakti Sosial di Kelurahan Panggung Kec. Tegal Timur tepatnya di RW.XI. sebanyak 200 lansia dari sekitar lokasi tersebut, mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan gratis, serta paket sembako yang bisa dibawa pulang oleh para lansia.

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL

Bakti Sosial selanjutnya diadakan pada bulan Desember, tepatnya pada tanggal 15 Desember 2013 bertepatan dengan hari Minggu. Kurang lebih sebanyak 40 anak dari sekitar wilayah Tegal, Brebes dan Slawi mengikuti kegiatan Bakti Sosial Khitanan Masal. Beberapa anak tampak menangis karena kesakitan setelah dikhitan, namun beberapa anak yang lain justru terlihat senang karena selain mereka bisa mengikuti khitanan gratis, mereka juga masih dibekali bingkisan berupa sarung dan dan dana santunan dari IDI Kota Tegal untuk dibawa pulang.

Pungkas acara Bakti Social ditutup dengan kegiatan Operasi Katarak, yang diadakan pada tanggal 21 Desember 2013. Sejumlah 30 peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Setelah mengikuti kegiatan operasi katarak, para peserta juga dibekali degan obat-obatan yang dapat dibawa pulang pasca operasi, serta kartu control untuk pemeriksaan lanjutan secara bebas biaya di RS Mitra Keluarga Tegal.

MCU-BI

MCU KARYAWAN DAN KELUARGA BANK INDONESIA TEGAL

Senin, 02 Desember 2013 yang lalu RS mitra Keluarga Tegal mendapatkan kepercayaan untuk melakukan Medical Chek Up (MCU) bagi karyawan dan Keluarga (Istri karyawan) Bank Indoensia Tegal. Bertempat di kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Jl. Dr Sutomo No. 55 Kota Tegal, sejumlah karyawan melakukan pemeriksaan laboratorium (pengambilan darah dan urine), pemeriksaan fisik oleh dokter, dan pemeriksaan EKG. Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 ini melibatkan kurang lebih 20 orang karyawan Bank Indonesia Tegal. Kegiatan Medical Chek Up ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun, bagi karyawan/karyawati Bank Indonesia Tegal beserta Keluarga. Jenis pemeriksaan yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari Chek Up Lengkap bagi pejabat dan pegawai kasir yang telah berusia diatas usia 40 tahun, Chek Up Rontgent untuk sejumlah karyawan, Pemeriksaan Pap’S Smear untuk karyawati dan istri pegawai, dengan total jumlah peserta sebanyak 50 orang. Adapun untuk jenis pemeriksaan lain yang tidak dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia, peserta diarahkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut (seperti treadmill, rontgent dan Pap’S Smear serta USG Payudara) di RS Mitra Keluarga Tegal.

SEMINAR IDI “MANAGEMENT OF PEDIATRIC SURGERY” Rumah Sakit MITRA KELUARGA TEGAL OKTOBER 2013

Kamis, 17 Oktober 2013 yang lalu, RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengadakan Symposium IDI dengan tema “MANAGEMENT OF PEDIATRIC SURGERY”. Tema ini diangkat mengingat banyaknya kasus bedah yang terjadi pada anak-anak dimana kasus-kasus tersebut belum dapat ditangani secara khusus oleh dokter spesialis bedah anak. Hadir dalam acara tersebut dokter spesialis bedah anak dr. Rhuankha Bilommi Sp.BA dokter spesialis bedah anak dari RS Mitra Keluarga Kemayoran yang rencananya akan membuka pelayanan khusus bedah anak juga di RS Mitra Keluarga Tegal serta dokter Felix Candra Sutanto, Sp.A dokter Spesialis Anak Fulltimer RS Mitra Keluarga Tegal dan dr Herry Susanto,Sp.A selaku ketua IDI Kota Tegal yang menyampaikan materi mengenai ‘”Kode Etik Kedokteran Indonesia”.

Kurang lebih 200 dokter hadir dalam acara tersebut. Presentasi pertama diisi oleh dr Herry S Sp.A yang memberikan penjelasan mengenai Hubungan Teraupetik antara dokter dengan pasien. Materi kedua diisi oleh dr. Felix Sp.A yang mengangkat materi mengenai Muntah pada bayi dan anak. Dalam materi tersebut dr Felix banyak membahas mengenai cara-cara mengenali tanda muntah yang dapat dikategorikan sebagai muntah yang normal ataupun muntah yang patologis. Menyambung materi yang telah disampaikan dr Felix,Sp.A dr Ruankha Sp.BA mengupas materi mengenai update management of megacolon congenital. Dalam materinya tersebut dr Ruankha mengulas mengenai penanganan kasus-kasus bedah pada anak, terutama pada kasus-kasus dengan keluhan Megacolon.

Mengingat materi yang disampaikan oleh kedua pembicara tersebut jarang dibahas, para dokter peserta seminar tampak antusias mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Usai sesi tanya jawab dan diskusi, acara ditutup dengan pembagian hadiah dan makan siang.

IVA-SCREENING KANKER MULUT LEHER RAHIM & DETEKSI DINI KEGAWATAN NEONATUS DAN KAPAN MERUJUKNYA

IVA-SCREENING KANKER MULUT LEHER RAHIM & DETEKSI DINI KEGAWATAN NEONATUS DAN KAPAN MERUJUKNYA

IVA-SCREENING KANKER MULUT LEHER RAHIM & DETEKSI DINI KEGAWATAN NEONATUS DAN KAPAN MERUJUKNYA

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bidan di Kota Tegal dan sekitarnya, RS Mitra Keluarga Tegal mengadakan seminar IBI pada hari Sabtu, 14 September 2013 yang lalu di Hotel Karlita Tegal dengan tema IVA-SCREENING KANKER MULUT LEHER RAHIM & DETEKSI DINI KEGAWATAN NEONATUS DAN KAPAN MERUJUKNYA. Hadir dalam acara tersebut kurang lebih 320 bidan dari Kota Tegal dan sekitarnya, termasuk dari wlayah Brebes, Bumiayu, Pemalang,dll.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut menghadirkan 2 pembicara yaitu dr.Lisdayanti,Sp.OG dan dr Felix Candra Sutanto,Sp.A dimana keduanya merupakan dokter spesialis anak dan dokter spesialis kebidanan dan kandungan fultimer RS Mitra Keluarga Tegal.

Mengawali acara dr Lisdayanti,Sp.OG membawakan materi mengenai IVA-Screening Kanker Mulut Leher Rahim. Dr Lisdayanti mengulas mengenai seputar pemeriksaan IVA,apa dan bagaimana pemeriksaan IVA dilakukan serta kegunaan dan fungsi tes IVA untuk mendeteksi adanya kanker pada mulut dan leher rahim.

Presentasi kedua diisi oleh dr Felix,Sp.A yang mengangkat tema mengenai Deteksi Dini Kegawatan Neonatus dan kapan merujuknya. Dokter Felix banyak mengulas mengenai bagaimana cara mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri bayi baru lahir dengan resiko tinggi dan kapan tenaga kesehatan harus segera membawa bayi baru lahir tersebut untuk mendapatkan pertolongan.

Selesai kedua dokter tersebut menyampaikan presentasinya dr Damar selaku moderator membuka sejumlah pertanyaan untuk peserta seminar. Mesikpun banyak peserta yang berebut untuk dapat mengajukan pertanyaan namun karena keterbatasan waktu, maka terpaksa pertanyaan pun harus dibatasi hanya untuk 8 orang penanya.

Usai semua pertanyaan dijawab maka acara selanjutnya ditutup dengan pembagian doorprise dan makan siang bersama untuk seluruh peserta seminar.

PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT JANTUNG SECARA DINI

PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT JANTUNG SECARA DINI

PENCEGAHAN DAN PENANGANAN PENYAKIT JANTUNG SECARA DINI

Saat ini, penyakit jantung menjadi penyakit yang cukup ditakuti oleh sebagian masyarakat, mengingat penyakit jantung adalah penyakit penyebab kematian tertinggi setelah kanker dan stroke. Penyakit jantung saat ini juga tidak mengenal usia, tidak hanya orang dengan usia lanjut, seseorang yang masih berusia muda pun beresiko terkena penyakit jantung, maupun serangan jantung. Meski bahaya penyakit jantung mengancam, namun sebenarnya jika kita menerapkan pola hidup sehat serta aktif menjaga kesehatan jantung, maka bahaya penyakit jantung dapat diminimalisir sehingga angka kematian akibat penyakit jantung pun dapat diturunkan. liputan Mengingat pentingnya menjaga kesehatan jantung sebagai organ vital di dalam tubuh kita, RS Mitra Keluarga Tegal bekerjasama dengan Alumnus SMU Negeri 1 Tegal mengadakan seminar dengan tema “Pencegahan Dan Penanganan Penyakit Jantung Secara Dini”. Seminar yang diselenggarakan pada hari Minggu 01 September 2013 ini, dihadiri oleh sebagian besar Alumnus SMU Negeri 1 Tegal, terutama alumnus angkatan 1991, dimana hadir dalam seminar tersebut dr. Faris Bassalamah, Sp.JP FIHA sebagai pembicara, dimana beliau juga  merupakan alumnus SMU Negeri 1 Tegal angkatan tahun 1991. Dalam seminar tersebut dr Faris banyak menyampaikan mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung, dikarenakan jantung adalah salah satu organ tubuh yang vital kedua setelah otak. Jika jantung tidak bekerja dengan baik, maka suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun tidak akan maksimal, sehingga tubuh akan kekurangan oksigen, serta zat-zat makanan yang penting yang lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, akibatnya tubuh seseorang akan mengalami penurunan fungsi kerja. Selain memaparkan mengenai jantung dan berbagai fungsinya, dr Faris juga memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk menjaga kesehatan jantungnya antara lain :

  1. Biasakan menerapkan  pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari, biasakan bergerak, rutin melakukan kegiatan dan aktifitas
  2. Terapkan pola makanan yang sehat. Konsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak dan kolesterol, tinggi serat, serta konsumsi air putih, buah dan sayur dalam jumlah yang cukup
  3. Lakukan olahraga rutin secara teratur minimal 30 menit hingga 1 jam setiap hari atau minimal 2 hari sekali
  4. Jaga kadar kolesterol, gula dan tekanan darah anda selalu dalam kondisi normal. Lakukan pemeriksaan dan pengecekan secara berkala minimal setiap 3 atau 6 bulan sekali
  5. Hindari stress, hindari pula rokok, alkohol dan obat terlarang

Selesai penyampaian materi, acara selanjutnya ditutup dengan pembagian sejumlah doorprise kepada peserta yang beruntung.

PEMERIKSAAN KESEHATAN ANAK DI SEKOLAH STAR OF DAMMA SLAWI

PEMERIKSAAN KESEHATAN ANAK DI SEKOLAH STAR OF DAMMA SLAWI

PEMERIKSAAN KESEHATAN ANAK DI SEKOLAH STAR OF DAMMA SLAWI

Seperti agenda kegiatan rutin bulan-bulan sebelumnya, sekolah Star Of Damma yang berlokasi di Slawi Kab Tegal kembali mengundang RS Mitra Keluarga Tegal beserta dokter spesialis anak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin yang biasa mereka lakukan setiap 6 bulan sekali untuk siswa-siswi sekolah tersebut pada hari Kamis, 01 Agustus 2013.

Menyadari bahwa anak-anak rentan terhadap penyakit ketika daya tahan tubuh mereka rendah, Miss Dian Kepala Sekolah Star Of Damma mengharapkan agar seluruh siswanya selalu berada dalam kondisi yang sehat dan fit, sehingga dapat mengikuti kegiatan belajar dan bermain dengan riang dan semangat.

Selain pemeriksaan kesehatan, sekolah Star Of Damma juga memberikan kesempatan kepada orang tua siswa untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang hadir dalam pemeriksaan tersebut yaitu dr Setiyadi. Sp.A dari RS Mitra Keluarga Tegal, untuk dapat menanyakan kondisi fisik dan kesehatan putra putrinya termasuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Beberapa anak tampak ketakutan dan menangis ketika diperiksa oleh dokter Setiyadi, Sp.A namun beberapa malah nampak senang bertemu dengan dokter spesialis anak yang rutin memeriksa kesehatan mereka.

PEMERIKSAAN GIGI SEKOLAH KIDDY CARE TEGAL

PEMERIKSAAN GIGI
SEKOLAH KIDDY CARE TEGAL

PEMERIKSAAN GIGI SEKOLAH KIDDY CARE TEGAL

Sekolah Kiddy Care Tegal kembali mengundang RS Mitra Keluarga Tegal dalam acara pemeriksaan gigi untuk siswa dan siswi Kiddy Care. Jumat, 26 Juli 2013 yang lalu sebanyak 45 siswa sekolah Kiddy Care diperiksa kesehatan gigi dan kebersihan mulutnya oleh drg. Yullya Susana, dokter gigi RS Mitra Keluarga Tegal. Beberapa anak tampak kooperatif ketika diperiksa gigi dan mulutnya, oleh drg.Yullya, namun tak sedikit pula anak-anak yang ketakutan ketika diminta untuk membuka mulutnya. Sejumlah anak bahkan menolak untuk membuka mulut, dan ada pula yang menangis karena takut diperiksa gigi dan mulutnya. Kegiatan pemeriksaan gigi ini sendiri merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda rutin dari Sekolah Kiddy Care Tegal. Setiap 6 bulan sekali mereka mengundang dokter gigi dari RS Mitra Keluarga Tegal untuk melakukan pemeriksaan gigi terhadap siswa siswi Kiddy Care. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian sekolah terhadap kesehatan siswa siswinya serta sebagai bentuk pembelajaran bagi anak-anak didik mereka mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut secara rutin.

Rumah Sakit Mitra Keluarga Tegal Santuni Anak Yatim

Rumah Sakit Mitra Keluarga Tegal Santuni Anak Yatim

Satuni Anak Yatim

PASTIKAN ALERGI TIDAK MENGHAMBAT POTENSI SI KECIL

SEMINAR PASTIKAN ALERGI TIDAK MENGHAMBAT POTENSI SI KECIL

SEMINAR PASTIKAN ALERGI TIDAK MENGHAMBAT POTENSI SI KECIL

Sabtu, 29 Juni 2013 yang lalu RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengadakan seminar dengan tema seputar dunia anak. Bekerjasama dengan Kalbe Nutritional, seminar yang full branding dengan logo Morinaga ini mengangkat dua tema sekaligus dalam satu seminar. Seminar dengan judul “Solusi Total Alergi Susu Sapi Pada Anak Dan Optimalkan Potensi Si Kecil Sejak Dini” dibawakan secara menarik dan interaktif oleh dr. Felix Candra Sutanto,Sp.A dokter spesialis anak fulltime RS Mitra Keluarga Tegal. Sekitar 150 peserta hadir adalam acara tersebut. Sebagian peserta seminar adalah para Ibu yang sedang hamil, dan para orangtua yang memiliki anak-anak yang masih balita. Melalui kegiatan seminar tersebut, diharapkan materi yang disampaikan oleh narasumber yang memang kompeten dan berpengalaman dalam dunia anak, dapat menjadi sumber pengetahuan serta dapat menjadi sarana edukasi bagi para orang tua agar mereka dapat lebih tanggap dan lebih memberikan perhatian terhadap kebutuhan anak-anak.

Dengan semakin maju dan berkembangnya dunia pengetahuan dan teknologi, orang tua masa kini juga semakin dituntut untuk lebih berperan aktif dalam mengikuti perkembangan dunia anak-anak serta berbagai kebutuhan dan permasalahan pada anak. Dengan adanya seminar parenting ini, diharapkan para orang tua dapat semakin up date baik dalam hal pengetahuan, informasi dan pengalaman seputar dunia tumbuh kembang anak-anak serta berbagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak. Dengan demikian diharapkan anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, dengan cerdas, tanpa adanya hambatan dan halangan sehingga mereka bisa menjadi generasi yang memiliki potensi yang optimal.

Mengenai solusi pada anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi, dr.Felix menyampaikan bahwa untuk anak-anak usia balita konsumsi terbaik bagi mereka adalah ASI (Air Susu Ibu), namun jika terdapat hambatan atau halangan dalam pemberian ASI, dan anak harus mengkonsumsi susu sapi, pastikan para orang tua memberika susu sapi yang memliki kandungan gizi yang sesuai dengan kondisi masing-masing anak, termasuk jika mereka ternyata alergi terhadap susu sapi, maka sebagai penggantinnya dapat diberikan susu kedelai sebagai alternative solusi bagi anak.

WORKSHOP : “CHRONIC PAIN” BAKTI SOSIAL NYERI 24-26 MEI 2013 Klinik Nyeri RS Mitra Keluarga Tegal (Dalam Rangka Hari Bhakti Dokter Indonesia)

Ceramah Kesehatan

CHRONIC PAIN

“Nyeri merupakan keluhan yang sering diderita namun sering pula menjadi kronik atau berkepenjangan. Saraf terjepit merupakan salah satu penyebabnya.

Dalam rangka Bhakti Sosial nyeri kali ini, Klinik nyeri RS Mitra Keluarga tegal bermaksud memberikan layanan terapi terkini penderita saraf terjepit,tanpa oerasi. Pada kesempatan kali ini, kami layani penderita nyeri : Jepitan Saraf Boyok, dan Tangan. Semoga bisa menjadi solusi layanan terbaik dan memuaskan dari kami”.

Demikianlah bunyi undangan yang disebar kepada sejumlah peserta dalam rangka Work Shop Klinik Nyeri di RS Mitra Keluarga Tegal yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 24-26 Mei kemarin.

Dalam acara work shop tersebut sebanyak 8 orang dokter memberikan pelayanan bakti sosial secara cuma-cuma kepada sejumlah peserta yang dibatasi hanya untuk 75 orang peserta saja.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga 17.00 ini banyak diminati mengingat keluhan tersebut memang banyak dikeluhkan oleh masyarakat, terutama penderita dengan keluhan nyeri boyok, tangan dan bahu.

Dalam acara workshop yang diketuai oleh dr.Tri Anggoro,Sp.S tersebut, pasien-pasien yang hendak mengikuti acara bhakti sosial tersebut wajib membawa undangan yang sebelumnya telah disiapkan oleh panitia dengan jadwal hari dan jam tertentu. Selanjutnya pada masing-masing peserta dilakukan pemeriksaan awal (screening) sebelum tindakan dilakukan, untuk menentukan terapi dan treatment yang tepat yang akan diberikan kepada peserta.

Setelah tindakan intervensi nyeri dilakukan kepada peserta, peserta bisa langsung pulang kembali kerumah, tanpa perlu menjalani rawat inap di RS dan kepada peserta tersebut, panita membekali obat-obatan yang bisa diminum oleh peserta dirumah.

AYO CUCI TANGAN

Ceramah Kesehatan

Ayo Cuci Tangan

Senin, tanggal 6 Mei kemarin, dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia, RS Mitra Keluarga Tegal melakukan sosialisasi mengenai 6 langkah cara cuci tangan yang baik  yang direkomendasikan oleh dunia (WHO).

Acara sebelumnya dibuka dengan sambutan oleh Direktur RS Mitra Keluarga Tegal, drg. E. Setyodewi, MM. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara, sebagai tanda pembukaan acara secara simbolis.

Ceramah Kesehatan

Bersama B-Braun, sejumlah panitia dari RS Mitra Keluarga Tegal yang telah dipilih untuk menjadi tim Hand Hygiene (HH) kompak menampilkan dance Hand Hygiene yang disaksikan oleh pasien poli dan keluarga di area lobi RS Mitra Keluarga Tegal.

Usai menampilkan dance di area lobi, panitia HH yang telah didaulat untuk menjadi duta Hand Hygiene berkeliling menyusuri seluruh area RS, termasuk area parkir dan ruang kamar perawatan pasien lantai 2 untuk melakukan sosialisasi dan edukasi 6 langkah cara mencuci tangan yang benar yang direkomendasikan oleh WHO. Peserta yang telah diedukasi juga berhak mendapatkan satu buah balon berbentuk tangan dengan pesan ; “AYO CUCI TANGAN” dati tim duta.

SENAM JANTUNG SEHAT & AEROBIK DAN LOMBA MKMB (MITRA KELUARGA MENCARI BAKAT)

Ceramah Kesehatan

SENAM JANTUNG SEHAT & AEROBIK

Masih dalam rangka rangkaian kegiatan HUT RS Mitra Keluarga Tegal yang ke-4 tahun, RS Mitra Keluarga Tegal kembali menggelar dua kegiatan dalam satu waktu, hari Minggu, tanggal 28 April 2013 kemarin. Bertempat di area parkir belakang RS Mitra Keluarga Tegal, sejumlah peserta senam jantung sehat dan aerobic sudah tampak berdatangan pada pagi hari sekitar pukul 06.00 pagi. Didampingi oleh instruktur senam yang berpengalaman, para peserta senam jantung mengawali senam jantung sehat pagi itu dengan pemanasan, inti dan pendinginan. Selesai dengan senam jantung sehat, acara senam langsung disambung dengan senam aerobic yang dipimpin oleh instruktur senam yang lincah dan energik, mesikpun peserta yang mengikuti senam tak semuanya berusia muda, namun mereka tetap semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dicontohkan oleh sang instruktur senam tersebut.

Selesai acara senam, acara dilanjutkan dengan dibukanya ajang bergengsi yaitu pemilihan bakat terpendam oleh tim juri yang telah ditunjuk untuk memberikan penilaian atas performance yang akan ditampilkan oleh karyawan dan karyawati RS Mitra Keluarga Tegal yang telah menggabungkan diri dalam beberapa group.

Tampil dengan tepukan penonton yang heboh group pertama yang beranggotakan karyawan Counter,Fisoterapi dan Medical Record, mereka tampil gemulai dengan kostum kebaya dan lagu jawanya. Dilanjutkan penampilan peserta kedua perwakilan dari tim ICCU yang menampilkan duet lagu “Tua-Tua Keladi”, Peserta ketiga dari tim Gizi menunjukkan kebolehannya dalam membawakan modern dancenya, disusul group ke empat yang menampilkan karaoke. Tak kalah semangat group ke lima membawakan Opera Van UGD (OVU)

promo kartini pop up

yang mengangkat cerita “Ande-ande Lumut” lengkap dengan kostum dan make up lengkap yang memancing gelak tawa penonton. Group ke enam dari tim NSB menampilkan solo karaoke. Group ke tujuh dari tim keuangan tampil dengan variasi dancenya yang nenampilkan goyang india dan harleem shake dancenya. Tak kalah dengan group tujuh, group delapan perwakilan dari tim office juga menampilkan kolaborasi puisi dan lagu dan modern dance. Group sembilan mewakili radiologi tak kalah memukau tampil dengan petikan gitarnya dengan lagu milik iwan fals . Group sepuluh mewakili Maintenance menampilkan performa music akustik dengan menggunakan peralatan bekas seperti gallon, peralon bekas, dll. Group sebelas perwakilan dari NSA menunjukkan tarian goyang macan. Group yang lain menampilkan permainan seruling, music akustik dan karaoke.

Setelah proses penjurian yang ketat dilakukan, tibalah saat pengumuman pemenang, dan tampil sebagai Juara I adalah perwakilan dari NSA dan VK dengan goyang macannya, Juara II berhasil diraih oleh perwakilan dari tim Office dengan performa puisi dan lagunya serta modern dance, dan Juara III diraih oleh Tim dari Keuangan dengan variasi dancenya.

Acara pun semakin meriah ketika peserta yang belum menang dan penonton diminta untuk tampil spontan memperagakan gerakan Gangnam Style dance dan harleem shake dance. Sejumlah hadiah pun berhasil dibagikan kepada peserta yang telah terpilih oleh tim juri.

Ceramah Kesehatan

Ceramah Kesehatan

Ceramah Kesehatan

Hati-hati, jangan asal memberikan makanan untuk anak-anak. Pastikan ibu memberikan makanan yang tidak hanya sehat dan bergizi, namun juga halal dikonsumsi dan dapat mencerdaskan anak. Tema tersebut diangkat oleh TKI/KB/PG Azurofah Kota Tegal yang mengadakan ceramah kesehatan dalam kegiatan Training Parenting bekerjasama dengan RS Mitra Keluarga Tegal, pada hari Minggu, 14 April 2013.

Hadir sebagai pembicara adalah dr. Setiyadi,Sp.A dokter spesialis anak partime RS Mitra Keluarga Tegal. Dalam ceramah kesehatan tersebut dr. Setiyadi banyak membahas mengenai makanan yang baik untuk anak-anak, pola pengaturan gizi dan nutrisi yang tepat, kesulitan atau hambatan anak-anak ketika makan, pengaruh makanan terhadap tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Paradigma orang tua yang keliru selama ini, bahwa anak yang sehat selalu diidentikan dengan anak yang memiliki berat badan besar (gemuk), ternyata tidaklah tepat. Dalam ceramah kesehatan tersebut dr. Setiyadi meluruskan pendapat masyarakat selama ini, bahwa anak yang sehat tidaklah harus selalu anak yang memiliki berat badan gemuk, namun bisa saja berat badannya standar atau rata-rata namun ideal,  karena memenuhi  standar berat badan dan tinggi badan ideal, dilihat dari proses pertumbuhan dan perkembangan pun tidak ada masalah yang berarti.

Terakhir setelah kegiatan tanya jawab dan diskusi ditutup, dokter Setiyadi banyak memberikan tips bagi orang tua untuk mengatasi anak-anak yang memiliki masalah sulit makan, dokter Setiyadi menyarankan agar para orang tua bersikap telaten dan sabar dalam memberikan makanan kepada anak, pastikan anak-anak merasa nyaman ketika makan, tidak melakukan ancaman atau hukuman jika anak tidak mau makan, dan memberikan makanan sesuai jadwal makan anak-anak.

MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA MENCIPTAKAN KELUARGA BAHAGIA

Ceramah Kesehatan

MEWUJUDKAN IMPIAN ANDA MENCIPTAKAN KELUARGA BAHAGIA

Bagi pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan belum dikarunia keturunan pastilah sangat mendambakan kehadiran seorang anak yang dapat menjadi penerus keturunan dalam keluarga. Dari beberapa kasus infertilitas yang ditemui di RS Mitra Keluarga Tegal, rata-rata pasangan tersebut mulai merasa putus asa dan frustasi dengan program kehamilan yang telah diikuti, mengingat memang butuh kesabaran dan ketelatenan dalam proses program kehamilan, hingga akhirnya dapat dicapai keberhasilan berupa kehamilan seperti yang telah diharap-harapkan.

Menjawab keinginan masyarakat Kota Tegal akan hadirnya inovasi baru dalam program kehamilan dan terapi infertilitas serta adanya keinginan untuk menumbuhkan kembali semangat pasien-pasien dengan kasus infertilitas, RS Mitra Keluarga Tegal bekerjasama dengan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading bersama-sama berkolaborasi mengadakan seminar awam dan siang klinik dengan tema “Mewujudkan Impian Anda Menciptakan Keluarga Bahagia” . Dalam seminar awam yang diadakan di Ballroom Hotel Plaza, Jl. Wahidin Sudirohusodo No.02 Tegal pada hari Jumat,22 Maret 2013 Pukul 18.30 – selesai ini, hadir sebagai pembicara yaitu dokter Boy Abidin,Sp.OG (K) , dokter spesialis kebidanan dan kandungan sub spesialis infertilitas dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, dan dr.Lisdayanti, Sp.OG, dokter kebidanan dan kandungan fulltimer RS Mitra Keluarga Tegal. Keduanya berkolaborasi mengupas mengenai infertilitas secara lengkap dan mendalam.

liputan

Dalam seminar awam, dr.Boy dan dr. Lisda, begitu sapaan akrab kedua dokter tersebut, banyak membahas mengenai apa itu infertilitas, penyebab infertilitas, factor-faktor yang dapat menjadi sumber atas kasus infertilitas, factor  penyebab dari wanita maupun dari pria. Anggapan masyarakat yang sering ditemui selama ini, bahwa wanita selalu dituding sebagai factor utama dalam kasus infertilitas ternyata tidaklah tepat. Pria, juga memiliki resiko sebagai penyebab atas kasus infertilitas pada pasangan suami istri.

Seminar yang berlangsung dalam suasana hangat dan penuh humor ini, ditutup dengan Tanya jawab yang aktif disampaikan oleh peserta yang antusisas menanyakan kasus-kasus seputar infertilitas, dan diakhiri dengan pembagian doorprise untuk peserta yang beruntung.

liputan

Hari kedua, Sabtu, 23 Maret 2013 bertempat di RS Mitra Keluarga Tegal, dokter Boy Abidin,Sp.OG (K) dan dokter Lisdayanti,Sp.OG kembali berbicara mengenai penanganan terkini pada kasus infertilitas dan PCOS, dalam acara Siang Klinik Symposium IDI RS Mitra Keluarga Tegal.

Acara yang dimulai pukul 09.00 – 14.00 WIB tersebut dihadiri oleh kurang lebih 140 orang dokter dari Kota Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya. Presentasi pertama diawali dengan pemaparan materi Peran Kode Etik Kedokteran Indonesia oleh dr. Hery Susanto,Sp.A selaku ketua IDI Kota Tegal. Materi Kedua disampaikan oleh dokter Lisdayanti,Sp.OG mengenai mengenal lebih lanjut infertilitas primer dan sekunder. Selanjutnya dr. Boy Abidin Sp.OG mengulas mengenai Policistyc Ovarii Syndrom dalam presentasi terakhir sebelum akhirnya acara ditutup dengan tanya jawab dan diskusi. Terakhir sejumlah doorprise dibagikan dan acara ditutup dengan makan siang bersama.

WASPADAI DEMAM BERDARAH DAN KEJANG DEMAM PADA ANAK

Seminar Awam Waspadai Demam Berdarah & Kejang Demam pada Anak

Seminar Awam Waspadai Demam Berdarah & Kejang Demam pada Anak

Sabtu, 23 Februari 2013 RS Mitra Keluarga Tegal kembali mengadakan kegiatan seminar awam dengan tema “Waspadai Demam Berdarah Dan Kejang Demam Pada Anak”.

Sekitar 100 peserta hadir mengikuti acara tersebut. Hadir sebagai pembicara dr. Felix Candra Sutanto,Sp.A dokter anak fulltimer terbaru RS Mitra Keluarga Tegal. Dipandu oleh dr.Cornelia Arina Pradipta sebagai moderator, dr. Felix membawakan materi mengenai wapada demam berdarah pada anak di awal acara. Selesai dengan presentasi pertamanya, dr.felix kembali menyambung materi presentasinya dengan tema waspada kejang demam pada anak.

Seminar yang dikemas dengan efektif ini, sengaja mengangkat dua tema sekaligus untuk diulas, demam berdarah dan kejang demam. Tema ini diangkat dikarenakan pada beberapa bulan terakhir mulai banyak ditemui kasus tersebut pada anak-anak di kota Tegal dan sekitarnya.

Peserta yang sebagian besar dihadiri oleh Ibu muda ini, tampak serius mengulas pemaparan materi yang dibawakan oleh dr. Felix. Materi diawali dari penyebab demam berdarah, yaitu karena adanya fektor penyebab virus demam berdarah berupa gigitan nyamuk aedes aegepty. Beberapa gejala pada anak yang perlu diwaspadai sebagai gejala demam berdarah, diantaranya yaitu : 1. Demam tinggi 2 – 7 hari 2. Pembesaran hati yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada dada sebelah kanan atas pada anak 3. Penurunan trombosit 4. Peningkatan hematokrit 5. Kegagalan sirkulasi 6. Adanya manifestasi perdarahan (bisa muncul dengan bentuk bercak-bercak merah pada kulit yang tidak menghilang dengan peregangan, perdarahan melalui hidung/mimisan, perdarahan bagian dalam yang dapat dilihat pada warna faeces yang kehitaman)

Dalam mengenali gejala tersebut, dr.felix berpesan kepada para orang tua, agar waspada dan segera membawa putra putrinya ke RS jika ditemui gejala-gejala tersebut diatas pada anak. Minimal jika anak mengalami panas tinggi 38 – 40 derajat minimal selama 2 hari dan tidak turun setelah diberi obat turun panas, maka tidak perlu menunda untuk segera mencari pertolongan ke RS.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah disekitar lingkungan kita antara lain : 1. Memutus rantai penularan yang ditujukan terutama pada vektornya 2. Program 3M (Menutup, Menguras, dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat dijadikan sebagai sarang tempat bertelurnya nyamuk aedes aegepty) 3. Pemberantasan vector (nyamuk aedes aegepty) dengan cara abatisasi (pemberian abate), dan fogging (pengasapan sarang nyamuk) 4. Mencegah gigitan nyamuk (dengan memakai lotions anti nyamuk)

Tak kalah menarik, selesai dengan materi Demam Berdarah tema yang kedua adalah Kejang Demam pada anak. Kejang Demam didefinisikan sebagai bangkitan kejang pada anak yang terjadi pada suhu yang meninggi disebabkan karena proses diluar otak. Beberapa factor yang berpengaruh menimbulkan kejang demam diantaranya yaitu : 1. Umur : usia 6 bulan – 5 tahun 2. Jenis kelamin laki-laki : wanita = 2 : 1 3. Suhu badan 38,0° – 41,0°C 4. Factor keturunan 5. Penyebab terbanyak : ISPA, (tonsilofaringitis, bronco pneumonia, disusul saluran cerna gastritis)

Dalam menghadapi anak yang tengah mengalami kejang demam dr. Felix berpesan kepada para orang tua agar tidak perlu panic, menghadapi hal tersebut, langkah yang perlu segera dilakukan oleh orang tua antara lain : bebaskan jalan nafas anak, tidurkan anak dalam poisisi terlentang, turunkan demam anak dengan memberikan obat penurun panas dan kompres hangat, cari penyebab demam agar dapat segera diberikan pengobatan yang tepat.

Terakhir sebelum mengakhiri presentasinya dr. Felix berpesan bahwa kejang pada anak merupakan keadaan yang berbahaya sehingga harus segera dihentikan dan dicegah supaya tidak sampai berulang, jangan lupa jika anak sudah mulai mengalami demam segera berikan obat penurun pnas dan jika diperlukan dapat diberikan obat-obatan anti kejang.

SOLUSI TERKINI SAKIT SYARAF TERJEPIT

SOLUSI TERKINI SAKIT SYARAF TERJEPIT

Jangan sepelekan rasa nyeri yang sering anda alami pada bagian tubuh anda, bisa jadi nyeri tersebut terjadi karena ada syaraf anda yang terjepit.

Sabtu, 19 Januari 2013 RS Mitra Keluarga Tegal mengadakan seminar awam dengan mengangkat tema mengenai sakit syaraf terjepit. Tema diangkat untuk mempromosikan kembali KLINIK NYERI yang ada di RS Mitra Keluarga Tegal.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini adalah dr. Tri Anggoro,SpS, dokter spesialis syaraf intervensi nyeri RS Mitra Keluarga Tegal.

Acara dibuka dengan sambutan dari bagian Direksi RS mitra Keluarga Tegal yang dilanjut dengan presentasi company profile RS Mitra Keluarga Tegal yang disampaikan oleh bagian marketing.

Seminar dibuka dengan penjelasan dokter Tri Anggoro mengenai seputar rasa nyeri.

Secara umum hal-hal yang sering menimbulkan keluhan nyeri syaraf diantaranya adalah : Usia lanjut,riwayat trauma, fraktur, kanker, infeksi, konsumsi obat jangka lama, osteoporosis, gangguan saraf.  Nyeri berlangsung > 6 minggu.

Secara psikis keluhan nyeri akibat syaraf terjepit biasanya dirasakan sebagai berikut :

  • Nyeri tidak bisa digambarkan dengan jelas
  • Memiliki “Pola Tertentu”
  • Tidak menunjukkan gejala yang makin berat

Gejala Saraf Terjepit

  • Rasa nyeri bisa muncul saat aktif maupun pasif
  • Rasa nyeri seperti: kesetrum, mlanjer, mantheng
  • Rasa: kesemutan, baal, gringgingen
  • Gangguan BAB, BAK
  • Kekuatan kaki yang menurun atau hilang

Beberapa terapi dapat dilakukan untuk mengatasi terapi syaraf terjepit diantaranya :

  • Terapi Obat-obatan
  • Intervensi tanpa obat (senam,relaksasi,dll)
  • Jika keluhan makin berat dan meningkat dapat diambil tindakan operatif maupun non operatif

Terakhir, sebelum dr Tri Anggoro,Sp.S menutup presentasinya beliau berpesan agar sekecil apapun keluhan nyeri yang anda alami, harus segera dicari penyebabnya dan dicari solusi untuk mengurangi rasa nyeri tersebut,anamnesa awal sangat penting untuk menentukan terapi yang tepat atas keluhan nyeri tersebut.

DIALOG KEAKRABAN DAN KERJASAMA RS MITRA KELUARGA TEGAL BERSAMA REKANAN RUJUKAN PASIEN

DIALOG KEAKRABAN DAN KERJASAMA

Dalam rangka mempererat hubungan kerjasama dan meningkatkan hubungan keakraban dengan rekanan dan RS lain, maka Kamis, 20 Desember 2012 RS Mitra Keluarga mengundang sejumlah perwakilan dari beberapa Rumah Sakit di Kota Tegal dan sekitarnya untuk menghadiri dialog keakraban dan kerjasama yang digelar di RS Mitra Keluarga Tegal Ruang Auditorium Lantai 4.

Kurang lebih 38 peserta hadir dalam acara tersebut. Dalam dialog tersebut RS Mitra Keluarga Tegal membuka kesempatan kepada seluruh rekanan untuk memberikan masukan dan usulan demi kemajuan dan perkembangan pelayanan di RS Mitra Keluarga Tegal.

Usai berdialog bersama, sejumlah doorprise dibagikan menjelang penutupan acara. Terakhir agar suasana semakin hangat dan akrab acara ditutup dengan foto bersama dan makan siang bersama.

Liputan lomba BALITA SEHAT & MEWARNAI RS MITRA KELUARGA TEGAL Minggu, 21 Oktober 2012

Lomba BALITA SEHAT & MEWARNAI

Lomba BALITA SEHAT & MEWARNAI

Sehatkah balita anda? Menjawab pertanyaan banyak orang tua mengenai kesehatan dan tumbuh kembang balitanya, RS Mitra Keluarga Tegal Bersama Kalbe Nutritional mengadakan lomba dengan tema “Lomba Balita Sehat dan Mewarnai” pada hari Minggu, 21 Oktober 2012 lalu.

Bertempat di area lobi lantai 1 RS Mitra Keluarga Tegal, lomba yang diikuti oleh sekitar 200 peserta ini tampak ramai dan meriah. Diselingi oleh hiburan organ tunggal dan badut dari sponsor, para peserta turut terhibur dengan panggung acara yang ditempatkan di area parkir depan RS Mitra Keluarga Tegal.

Empat juri dihadirkan guna memberikan penilaian kepada para peserta lomba. Dr Setiyadi, Sp.A hadir sebagai ketua tim juri lomba balita sehat. Dokter spesialis anak part time di RS Mitra Keluarga Tegal ini, mewakili tim juri menyampaikan criteria penilaian lomba kepada para peserta sebelum acara lomba berlangsung. Penilaian diantaranya meliputi kesehatan anak, status gizi anak, serta status tumbuh kembang anak. Selain dr Setiyadi,Sp.A, hadir pula Ibu Nurul Istiqomah sebagai juri ahli gizi. Candra Dewi sebagai juri psikolog dan Mr.Muslih sebagai juri lomba mewarnai.

Lomba balita sehat dibagi ke dalam 2 kategori lomba. Yaitu lomba balita sehat kategori A (usia 1-3 tahun) dan kategori B. (usia >3 – 5 tahun)

Sambil menunggu antrian penilaian dan pengumuman hasil penilaian, para peserta dihibur dengan beberapa game dan doorprise menarik. Beberapa sponsor juga tampak memadati halaman depan arena lomba, diantaranya disana tampak stand Kalbe Nutritional, Citraland The Premium Living, Mie Sedaap, Yamaha Motor, Larissa The Aesthetic Center, Mc Donalds, Rainbow Arum Manis, Tupperware, Oriflame, ESC School dan Kaos Padusi.

Lomba BALITA SEHAT & MEWARNAI

Sesaat setelah dilakukan perhitungan hasil penilaian, para peserta tampak tegang menanti hasil pengumuman dibacakan, akhirnya munculah juara lomba balita sehat kategori A dengan pemenang Juara I diperoleh Ramadhita Nisrina Putri dengan skor 655, Juara II Rafaela Kezia Sucipto dengan skor 635 dan Juara III Farhan Pytra ardian dengan skor 625. Juara Harapan I diperoleh oleh Nanda Risqiana Putri dengan skor 616, Juara Harapan II Kayla Elkaysha Ferdinan dengan skor 615 dan Juara harapan III diperoleh oleh Mahardika Alviyo Wijaya dengan skor 615.

Untuk kategori B Juara I disabet oleh Jovelyn Ashley Susanto dengan skor 650, Juara II diperoleh oleh Putri Rili Mutiara dengan skor 649, Juara III Angela Gabrielle Davni dengan skor 636. Juara Harapan I diperoleh Chasaka Arsy 631, Juara Harapan II Putri Salsa Bila Azahra dengan skor 630 dan Juara III diperoleh Khansa Aqeela Zahra denga skor 625.

Sementara untuk lomba mewarnai juri harus memilih 6 dari 50 peserta sebagai peserta terbaik dan berhak menyandang predikat juara . Juara I Akhirnya didapatkan oleh Ken Sebastian dengan skor 510, Juara II Rayhan Andy Maulana dengan skor 480, Juara III Nadia Lidinillah dengan skor 450. Harapan I diperoleh oleh Balqis Angelita P.S dengan skor 425, Harapan II Aqiilah Naurah R dengan skor 395, dan Juara Harapan III diperoleh oleh Fatimah Az Zahra dengan skor 380.

SIANG KLINIK RS MITRA KELUARGA TEGAL, SABTU 08 SEPTEMBER 2012 PENATALAKSANAAN TERKINI DM TYPE 2 (ANTARA KLINIS DAN REALITA)

Siang Klinik Tegal

Siang Klinik Tegal

Siapa yang tak kenal dengan diabetes? Ya, saat ini diabetes seolah tangah menjadi penyakit yang sedang naik daun. Penderita yang divonis terkena diabetes, kini tidak mengenal usia dan gender. Semua berpotensi dan beresiko untuk terkena diabetes. Penanganan penyakit diabetes pun semakin beragam, mulai dari cara yang sederhana, atau konvensional, hingga terapi yang terbaru dan lebih efektif, yaitu terapi insulin pada penderita diabetes mellitus salah satunya.

Dengan mengangkat tema “ Step By Step To Start Use Insulin” dan Study Guidline Penanganan terkini DM Type 2, RS Mitra Keluarga Tegal bekerjasama dengan PT.ERY LILLY menyelenggarakan Siang Klinik pada hari Sabtu, 8 September 2012 yang lalu di Ruang auditorium Lt.4 RS Mitra Keluarga Tegal. Siang Klinik ini menghadirkan dr. Dante Saksono Harbuwono,Sp.PD, Ph-D, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dengan konsentrasi di bidang Endokrin dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading sebagai pembicara utama, dan dr. Daru Jaka,Sp.PD,MSc, dokter spesialis penyakit dalam full timer RS Mitra Keluarga Tegal sebagai pembicara kedua. Siang Klinik ini dihadiri oleh kurang lebih 90 dokter, yang sebagian besar adalah dokter umum di wilayah kota Tegal dan sekitarnya.

Dalam siang klinik tersebut, dr. Daru membuka presentasinya dengan fenomena mengenai penderita diabetes di masyarakat. Banyak dari penderita tersebut yang belum mendapatkan penanganan yang maksimal, baik karena kekurang pahaman pasien, maupun karena masih terbatasnya pemahaman para dokter umum dalam memberikan terapi dan penatalaksanaan terkini pada penderita diabetes.

Berikutnya dr. Wenni Palau yang menjadi moderator dalam acara tersebut, memberikan kesempatan kepada pembicara kedua untuk menyampaikan materinya. dr.Dante dengan gaya yang santai namun serius, berusaha mengajak para dokter umum peserta siang klinik, untuk tetap confidence mempelajari dan mencoba memberikan edukasi dan terapi insulin pada para penderita diabetes mellitus beserta step by step cara pemberian terapinya. Seolah seperti sedang mengajar para mahasiswa, dokter Dante tampak interaktif menyampaikan materinya. Para peserta pun tampak semangat mendapatkan ilmu terbaru mengenai penatalaksanaan insulin ini.

Akhirnya setelah sesi tanya jawab, acara ditutup dengan pembagian doorprise dilanjutkan dengan makan siang bersama seluruh peserta seminar.

HOSPITAL TOUR RS MITRA KELUARGA TEGAL

Hospital Tour

Pagi hari ini ada pemandangan yang berbeda di RS Mitra keluarga Tegal. Mendadak RS Mitra Keluarga Tegal dipadati oleh anak-anak usia pre school yang lucu-lucu. Mereka tampak didampingi oleh pengajar maupun orang tua mereka, ada apa hari ini di RS Mitra Keluarga Tegal?

Selamat Hari Anak nasional Indonesia, itulah misi yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat, bahwa anak Indonesia, selain cerdas, mereka juga harus sehat. Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Indonesia, tanggal 23 Juli 2012 RS Mitra Keluarga Tegal juga ingin menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kesehatan, yang kita kemas dalam acara HOSPITAL TOUR untuk beberapa sekolah usia dini di sekitar wilayah kota Tegal. Acara ini diawali dengan foto bersama antara anak-anak serta tim pengajar dan tim marketing RS Mitra keluarga Tegal. Kemudian usai berfoto ria, mereka diajak berkeliling disekitar poli rawat jalan RS mitra keluarga Tegal. Poli pertama yang dikunjungi oleh anak-anak tersebut adalah poli dokter anak. Beberapa anak tampak ketakutan dan menangis ketika diajak masuk kedalam ruang poli dokter anak, namun beberapa anak yang lain terlihat senang dan antusias mendengar penjelasan dari tim marketing mengenai fasilitas yang ada di ruang dokter anak, mereka tampak heran ketika banyak boneka yang terpajang disitu, serta ruangan praktek yang tampak ceria dengan banyak hiasan untuk anak-anak maupun desain kamar yang lucu dan tidak menakutkan. Target kunjungan yang kedua adalah poli dokter gigi. Didalam poli tersebut anak-anak dikenalkan dengan dokter gigi serta fasilitas yang ada di ruang poli gigi tersebut. Usai kunjungan, dokter gigi RS Mitra Keluarga Tegal, drg. Yullya Susana memberikan materi mengenai pentingnya menggosok gigi, cara menggososk gigi yang baik dan benar serta kapan waktu yang baik untuk menggosok gigi. Usai presentasi, drg. Yullya memberikan beberapa pertanyaan yang disertai dengan pemberian doorprise sebagai reward bagi mereka yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik.Akhir acara sebelum pulang, tim marketing membagikan snack dan balon untuk dibawa pulang oleh peserta. Sehat, Cerdas, dan Ceria anak Indonesia..

ALERGI SUSU SAPI PADA ANAK & KEGUGURAN BERULANG

Seminar Awam Alergi Susu Sapi pada Anak & Keguguran Berulang

Seminar Awam Alergi Susu Sapi pada Anak & Keguguran Berulang

Pernahkah putra-putri anda mengalami diare/muntah/sembelit? Atau justru gatal-gatal, sesak nafas atau tidak nafsu makan? Waspadalah, bisa jadi hal tersebut adalah gejala awal dari alergi susu sapi pada anak. Bagi para wanita  yang pernah punya riwayat keguguran hingga lebih dari 2 kali, periksakan diri anda segera, untuk mendeteksi kemungkinan potensi kekeguguran berulang pada diri anda. Itulah seputar bahasan materi yang kita angkat dalam Seminar kali ini. Seminar kolaborasi yang menghadirkan 2 pembicara sekaligus ini, diadakan hari Sabtu, 23 Juni 2012 yang lalu. Bertempat di Ruang  Auditorium RS Mitra Keluarga Tegal, Seminar dengan tema “Alergi Susu Sapi Pada Anak”  yang disampaikan oleh dr. Runiawan Condro Susilo,Sp.A, M.Kes, serta “Keguguran Berulang” yang dibawakan oleh dr. Lisdayanti, Sp.OG dokter spesialis Obgyn fultimer RS Mitra Keluarga Tegal diikuti antusias oleh peserta seminar.

Sekitar 85 peserta hadir dalam acara ini. Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini, diawali dengan pembukaan, yang dilanjutkan dengan presentasi company profile oleh tim marketing. Selanjutnya acara inti yang dipandu oleh dr. Damar selaku moderator ini pun dimulai. Presentasi pertama dibuka oleh penjelasan dr. Lisdayanti,Sp.OG mengenai masalah keguguran berulang. Dr. Lisda, panggilan akrab beliau, memaparkan mengenai definisi, factor resiko serta pencegahan maupun penetalaksanaan dalam kasus keguguran berulang. Menyambung materi yang telah disampaikan dr. Lisda, tak kalah semangat dr. Wawan pun segera menyambung mengenai Pengertian alergi susu sapi, gejala yang muncul, penyebab, pencegahan serta penanganan dalam kasus alergi susu sapi pada anak tersebut.

Setelah sesi diskusi dibuka, para peserta seminar tampak antusias berebut untuk mengajukan pertanyaan, beberapa pertanyaan diajukan dan para peserta yang merasa belum puas dengan diskusi kali ini, diarahkan oleh moderator untuk dapat menghubungi dokter yang bersangkutan di tempat praktek beliau masing-masing, untuk berkonsultasi secara langsung.

Sebelum acara ditutup, masih ada cara yang ditunggu-tunggu, yaitu pembagian doorprise, beberapa doorprise dari sponsor, sepert McD, Nasmoco, Kalbe, dan Ferron habis dibagikan kepada peserta. usai mendapatkan doorprise wajah-wajah bahagia nampak tersirat dalam raut para peserta seminar. Ya, itulah liputan jalannya seminar di RS Mitra Keluarga Tegal, hari Sabtu, 23 Juni yang lalu.

SENAM JANTUNG SEHAT & TALK SHOW “JANTUNG KORONER”

SENAM JANTUNG SEHAT & TALK SHOW JANTUNG KORONER

SENAM JANTUNG SEHAT & TALK SHOW JANTUNG KORONER

Senam Jantung Sehat & Talk Show “Jantung Koroner” bersama dr. Faris Basalamah, Sp.Jp FIHA kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 10 Juni 2012 Pkl 06.00 WIB di Area Parkir Belakang RS. Mitra Keluarga Tegal menyedot begitu banyak peserta. Kegiatan yang melanjutkan topik Seminar Awam sebelumnya mengenai “Waspada Penyakit Jantung Pada Usia Muda” dihadiri kurang lebih 240 peserta. Peserta kebanyakan dari warga sekitar RS. Mitra Keluarga Tegal dan dari klub-klub Senam jantung sekota Tegal begitu antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian acara dari awal sampai selesai.

Acara diawali dengan registrasi peserta dan pembagian kupon snack selanjutnya memasuki acara yang ditunggu-tunggu yaitu senam jantung sehat, senam berlangsung selama kurang lebih 30 menit, peserta semakin bersemangat karena setelah senam jantung sehat di lanjutkan dengan senam aerobik. Setelah senam selesai acara dilanjutkan dengan Talk Show mengenai Jantung Koroner, acara yang seharusnya menghadirkan dr. Faris Basalamah, Sp.Jp FIHA sebagai pembicara menganai jantung koroner di gantikan dengan dr. Damar beliau adalah dokter umum full timer RS. Mitra Keluarga Tegal. dr. Damar mengupas tuntas mengenai penyakit jantung koroner yang sekarang banyak menyerang masyarakat, berbagai factor resiko, gejala, dan penatalaksanaannnya. Di akhir pembicaraannya dr. Damar juga memberikan solusi menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan rajin berolah raga. Usai Talk Show selesai acara dilanjutkan dengan permainan yang sangat seru, dimana peserta yang berani unjuk gigi untuk menampilkan goyangan yang sangat heboh akan mendapatkan hadiah, acara juga diisi dengan sesi tanya jawab, dan pembagian dorprize, peserta pun sangat senang.

Seminar Awam Waspada Penyakit Jantung pada Usia Muda

Seminar Jantung

Seminar Awam Waspada Penyakit Jantung pada Usia Muda

WASPADA PENYAKIT JANTUNG PADA USIA MUDA ! itulah tema yang diangkat oleh RS Mitra Keluarga Tegal dalam seminar awam yang diadakan hari Sabtu, 12 Mei 2012 lalu. Bertempat di ruang auditorium lantai 4, RS Mitra keluarga Tegal menghadirkan pembicara special dari Mitra keluarga Bekasi, yaitu dokter Rachelia Salanti yang membahas masalah kolesterol dalam presentasinya, dan dakter Faris Bassalamah , SpJP FIHA yang mengupas tuntas mengenai masalah jantung, dan factor resiko, dan solusi menjaga jantung tetap sehat. Tema tersebut dipilih, karena memang jantung, menjadi penyakit yang tidak mengenal usia saat ini. Jantung tidak lagi menjadi penyakit yang identik dengan lanjut usia, bahkan di usia yang masih muda pun seseorang tetap dapat beresiko terkena penyakit jantung.

Acara yang dibuka oleh Direktur RS Mitra Keluarga Tegal drg. E, Setyodewi,MM ini, dimulai pada pukul 10.00 sampai dengan 12.30 WIB, yang dihadiri oleh 150 peserta. Acara ini bekerjasama dengan Kalbe (Nutrive Benecol), The Tong Tjie, Dan McD. Selesai Direktur memberikan sambutan pembukanya, acara selanjutnya disambung oleh presentasi mengenai profil dan agenda kegiatan RS Mitra keluarga Tegal yang disampaikan oleh tim marketing RS Mitra Keluarga Tegal.

Acara inti diawali oleh presentasi yang dibawakan oleh dr Rachelia Salanti, yang membahas masalah kolesterol. Dokter Rachel, menanyangkan video mengenai perjalanan kolesterol di dalam darah yang akhirnya mengendap dan dapat menyebabkan serangan jantung, pecahnya pembuluh darah, maupun stroke di kemudian hari. Solusi mengelola factor resiko juga diberikan oleh dr Rachel antara lain dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan kaya serat, batasi makanan kaya lemak,

pertahankan kadar kolesterol di dalam darah tetap normal secara teratur.

Selanjutnya dokter Faris Basalamah,SpJP, FIHA mengupas mengenai penyakit jantung yang sekarang banyak menyerang  masyarakat usia muda, berbagai macam factor resiko dan penatalaksanaan dikupas oleh dokter Faris secara lengkap. Diakhir presentasinya dr Faris juga memberikan solusi menjaga kesehatan jantung antara lain dengan diet, olahraga, dan kepatuhan menjaga kesehatan fisik.

Usai acara presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti oleh peserta secara antusias, peserta berebut untuk mengajukan pertanyaan kepada kedua pembicara. Usai Tanya jawab, Sebelum ditutup, acara dimeriahkan dengan pembagian doorprise yang diramaikan oleh pertanyaan kedua pembicara yang disambut secara antusias oleh peserta seminar.

Seminar Awam “ GAGAL GINJAL BUKAN AKHIR SEGALANYA DAN MINIMAL INVASIVE PADA OPERASI BEDAH/ LAPARASCOPY”

Seminar Awam Gagal Ginjal

Seminar Awam Gagal Ginjal

Gagal ginjal sering menjadi penyakit yang memupus harapan para penderitanya, sehingga mereka merasa seolah tak ada harapan lagi bagi kesembuhan dan kelangsungan hidup mereka, apalagi jika mereka telah tergantung dengan proses cuci darah yang harus dilakukan rutin, Demikian juga dengan operasai bedah, yang sering menjadi operasi yang menakutkan, beresiko, dan traumatis, operasi tersebut banyak ditakuti oleh para pasien yang hendak menghadapinya, untuk meluruskan paradigma masyarakat tersebut, Sabtu, 28 April 2012 RS Mitra Keluarga Tegal Bersama dokter fulltimer Spesialis Bedah dan Spesialis Penyakit Dalam mengadakan seminar awam dengan tema “ GAGAL GINJAL BUKAN AKHIR SEGALANYA DAN MINIMAL INVASIVE PADA OPERASI BEDAH/ LAPARASCOPY”.

Seminar yang dihadiri oleh kurang lebih 140 peserta ini, diadakan di lantai 4 Ruang Auditorium RS Mitra Keluarga Tegal. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB yang sebelumnya dibuka oleh Direktur RS Mitra Keluarga Tegal yang diwakili oleh Ibu Siti Fatimah, selaku Manager Keperawatan RS mitra Keluarga. Acara kemudian disambung dengan presentasi mengenai fasilitas dan pelayanan di RS mitra Keluarga Tegal yang disampaikan oleh tim marketing RS Mitra Keluarga.

Mengingat waktu yang sudah semakin siang, segera saja acara dimulai dengan penyampaian materi seminar yang dibawakan oleh dr. Tri Atmaja SpB sebagai dokter bedah full timer RS mitra Keluarga Tegal, beliau banyak mengupas mengenai operasi bedah model yang tercanggih di dunia kedokteran saat ini, dimana operasi bedah yang dilakukan kini tidak lagi harus membuka perut pasien untuk melihat kondisi penyakit pasien, namun operasi dapat dilakukan dengan hanya membuat sayatan kecil, sekitar 0,5 mm- 1 cm, yang selanjutnya dimasukan alat pemotong dan kamera ke dalam perut pasien, sehingga proses operasi yang tengah berlangsung dapat dilihat dari layar monitor. Pada operasi ini, luka bekas operasi relative lebih kecil, sehingga rasa nyeri yang dirasakan akibat operasi juga lebih sedikit, dan pemulihan luka pasca operasi menjadi lebih cepat.Presentasi materi seminar yang kedua disampaikan oleh dr Daru Jaka, MSC,SpPD, beliau menyampaikan mengenai gagal ginjal, mulai dari penyebab, siapa saja yang beresiko terkena gagal ginjal, penanganan terhadap penyakit gagal ginjal, pengobatan dan penatalaksanaan terhadap gagal ginjal. Setelah kedua presentasi materi disampaikan, acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana para peserta terlihat antusias bertanya kepada kedua dokter tersebut, puas bertanya para peserta masih dimanjakan dengan pembagian doorprise yang telah disediakan oleh RS Mitra Keluarga Tegal. Para peserta merasa puas dengan seminar yang telah diadakan, dan antusias untuk mengikuti seminar-seminar yang akan diadakan mendatang, hal ini terlihat dari penjualan tiket seminar bulan Mei dengan tema “Waspadai Penyakit Jantung Pada Usia Muda” yang disediakan oleh panitia, terbatas hanya 100 tiket yang langsung habis terjual di tempat, usai acara seminar ini ditutup.

LIPUTAN KEGIATAN ACARA HUT RSMKT KE-3 LOMBA MENGGAMBAR DAN FASHION SHOW ANAK

LOMBA MENGGAMBAR TEMA : HUT RS MITRA KELUARGA TEGAL KE-3 Jumlah Peserta : 53 peserta Panitia hanya menyediakan kertas gambar yang sudah diberi gambar dasar, peserta mengembangkan, melengkapi, mewarnai, gambar dasar yang telah dibuat oleh panitia, peserta membawa sendiri peralatan menggambar. Penilaiai meliputi : kesesuaian gambar dengan tema, pewarnaan, dan kreativitas. LOMBA FASHION SHOW TEMA : BEBAS Jumlah Peserta : 80 peserta Peserta tiap kategori diberi waktu untuk tampil diatas panggung maksimal 5 menit, kostum yang digunakan peserta bebas, penilaian meliputi : kostum, tata rias, jalan di catwalk, dan ekspressi Syarat Pendaftaran :

  • Membayar biaya pendaftaran @RP.15.000/peserta
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan dilampiri Foto Kopi akte kelahiran

Jalannya acara :

  • Pkl. 08.30 – 09.30 : Regristasi peserta lomba
  • Pkl. 09.30 – 10.00 : Pembukaan Acara, acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Direktur RS Mitra Keluarga Tegal Drg.E.Setyodewi,MM
  • Pkl.10.00 – 12.00 : Pelaksanaan Lomba. Lomba dilaksanakan secara bersamaan, di Lt.1 RS Mitra Keluarga Tegal
  • Pkl.12.00 -12.30 : Proses penghitungan skor untuk menentukan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3, sambil menunggu pengumuman hasil lomba, peserta dihibur dengan game, pembagian doorprise dan hiburan organ tunggal
  • Pkl.12.30 – 13.00 : Pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah untuk juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 sekaligus penutupan acara lomba

Sponsor :

  • Kalbe Nutritional
  • McD
  • Mie Sedapp
  • Yamaha Agung Motor
  • Es Cream Campina
  • Shining Starr School
  • Kaos Padusi

Kompensasi Sponsor : penyediaan stand penjualan di sekitar arena lomba

SEMINAR ANAK ” Mengoptimalkan Buah Hati untuk Menuju Generasi Platinum ” ( 2 JULI 2011 )

Pembicara : Dr. Trimulyo, Sp. A
Moderator : Dr. Sherley Tjioe
Ahli Gizi PT. Kalbe Nutritionals : Bu Nurul Istiqomah
Target Peserta : 110
Jumlah Peserta : 97 -> Dihadiri oleh orang tua (ibu = 77, bapak = 8 ) dan anak balita=12 -> 88%
Sponsor Tunggal : PT. Kalbe Nutritionals
Syarat Undangan : Dengan cara penukaran struk pembelian bulan Juni 2011 (Pembelian produkMorinaga & Prenagen, minimal Rp. 85.000,-)
Fasilitas : Seminar Kit, Snack dan Lunch
Kompensasi Sponsor : Stand Penjualan Produk dan Presentasi dari Ahli Gizi
Pelaksanaan Acara : Berjalan lancar, peserta aktif bertanya baik kepada pembicara maupun ahligizi.

Lomba Balita Sehat & Fotogenik 2011 (3 JULI 2011)

Juri Lomba Balita Sehat : Dokter Spesialis Anak ( dr. Setiyadi, Sp. A ), Ahli Gizi ( Nurul Istiqomah ), Psikolog(Margaretha Steffi, S. Psi)
Juri Lomba Fotogenik : Bp. Wahyudi ( RSMKT ) dan Bp. Rofiq ( PT. Kalbe Nutritionals )
Kategori Peserta : Kategori A : usia 6 bulan – 2 tahunkategori B : usia > 2 tahun – 5 tahun
Target Peserta : 80
Jumlah Peserta Lomba : 116 ( Kategori A : 74, Kategori B : 42 ) -> 145 %
Sponsor : PT. Kalbe Nutritionals, PT. Konicare, PT. Kalbe Farma, Teh Tong Tji
Syarat Pendaftaran : Rp. 15.000,- ( = Lima Belas Ribu Rp. = )FC Akte Kelahiran
Fasilitas : Snack, Piagam Peserta, Balon
Kompensasi Sponsor : Stand Penjualan Produk, untuk T eh Tong Tji berupa Free Drink
Pelaksanaan Acara : Berjalan lancar, meriah -> dipandu oleh 2 MC dan 2 badut dari PT. Kalbe FarmaPendaftaran Rp. 15.000, – untuk Lomba Balita Sehat dan Fotogenik (diikutkan 2lomba) Sedangkan Lomba Baby & Mom’s Dance tidak dilombakan, namundiperuntukkan untuk peserta dan mamanya yang berani tampil di panggung danmendapatkan gimmick dari PT. Kalbe Nutritionals dan PT. Konicare Untuk LombaFotogenik, seluruh hasil foto peserta dikirimkan ke PT. Kalbe Nutritional Jakarta,untuk diikutkan   Lomba Fotogenik Nasional 2011 ( Program PT. KalbeNutritional Pusat )
Pemenang Lomba : Lomba Balita Sehat 2011 – Kategori A
Juara 1 : Jasmine Ifia Azalwa
Juara 2 : Kayla Elkaysha F.
Juara 3 : Angela Gabrielle Davni
Lomba Balita Sehat 2011 – Kategori B
Juara 1 : Gitara Syifa Bintang Aulia
Juara 2 : Ayashadanica Aldea
Juara 3 : Angela Gabrielle Davni
Lomba Fotogenik 2011 ( Gabungan : Kategori A & B )
Juara 1 : Jerricho Maureno Wijaya
Juara 2 : Bambang Dewanto
Juara 3 : M. Jidan Aldiano
Hadiah Pemenang Lomba
Juara 1 Trophy, Uang Tunai Rp. 150.000,-,Piagam Pemenang dan Bingkisan dari PT. Konicare
Juara 2 Trophy, Uang Tunai Rp. 125.000,-,Piagam Pemenang dan Bingkisan dari PT. Konicare
Juara 3 Trophy, Uang Tunai Rp. 100.000,-,Piagam Pemenang dan Bingkisan dari PT. Konicare