WASPADA BENJOLAN PADA LEHER (Deteksi Dini TBC Ekstra Paru)

Tuberculosis kerap dikenal sebagai penyakit flek paru-paru. Padahal TBC juga bisa menyerang organ lain seperti usus, kulit hingga kelenjar. Karenanya waspadai ketika muncul benjolan pada leher ataupun tubuh anda. Pemeriksaan sejak dini akan membantu mendeteksi adanya TBC ekstra paru.

Saat ini Indonesia merupakan salah satu pemasok penderita TBC terbesar didunia setelah Cina dan India. Ternyata TBC bisa muncul diluar organ paru. Beberapa penyakit TBC ekstra paru yang ditemukan antara lain TBC Kelenjar, TBC Usus, TBC Kulit, Mengitis TBC, TBC Ginjal, dan TBC Hati. Jenis penyakit TBC ini bisa menyerang organ tubuh selain paru. TBC Kelenjar ditemukan disekitar leher berpa pembesaran kelenjar getah bening. Salah satu kelenjar getah bening yang banyak terserang adalah kelenjar yang ada di leher. Kelenjar getah bening itu terdapat pada beberapa bagian tubuh yang berbeda mulai dari leher, ketiak, sela paha serta didalam perut. Dan bila terjadi infeksi pada tubuh biasanya kelenjar itu akan membengkak. Infeksi kelenjar itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu infeksi nonspesifik yakni infeksi akibat adanya peradangan organ tubuh lain dan infeksi spesifik yakni adanya tubercolusis (TBC) kelenjar atau penyakit kelamin.

Jika dilihat dari gejala klinisnya, derita TBC kelenjar diawali demam berkepanjangan, batuk lama, nafsu makan menurun, serta munculnya benjolan-benjolan pada leher atau ketiak serta sela paha. Hanya saja, yang paling banyak ditemukan adalah adanya benjolan dileher. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar itu biasanya akan terlihat mengelompok. Dan suatu saat benjolan-benjolan tersebut akan pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah. Sebagai langkah antisipasi jika memang terdapat benjolan pada bagian tubuh seperti leher, ketiak serta sela paha segera periksakan diri ke dokter..

Gejalanya memang tidak terlalu dapat dirasakan oleh penderitanya. Tiba-tiba benjolannya sudah semakin membesar saja. Kelenjar di lehar membengkak banhkan menyebar ke bagian lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan pada kelenjar getah bening akibat bakteri TBC itu. Tubuh mulai agak lemah, tidak kuat kecapekan. Kalau capek kadang tiba-tiba sedikit demam dan kelenjar leher pun ikut-ikutan panas.

Untuk pemeriksaan dini, biopsi masih menjadi satu-satunya cara yang bisa membantu seseorang mengetahui penyebab terjadinya pembekakan kelenjar getah bening pada tubuh. TBC paru bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat secara terus menerus selama enam bulan, sedangkan penyembuhan TBC kelenjar membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni 9 bulan. Meski TBC kelenjar masuk dalam kategori TBC tetapi penyakit ini bukanlah tipe penyakit yang akan menular ke orang lain. Kecuali penderita TBC kelenjar bersangkutan juga menderita penyakit TBC paru. Penjagaan kondisi tubuh harus selalu diperhatikan. Misalnya dengan menganut pola hidup sehat, yakni makan dan olahraga teratur, istirahat cukup dan bila perlu rajin mengkonsumsi multivitamin. Sebab dengan tubuh yang sehat, seseorang lebih siap mempertahankan diri dari serangan penyakit.

Ket : Artikel dimuat pada Tabloid Nurani Edisi 579.Maret I.2012 ( kolom kesehatan wanita )

51 Responses to “WASPADA BENJOLAN PADA LEHER (Deteksi Dini TBC Ekstra Paru)”

  1. Selamat siang…..

    Membaca keluhan Saudara, kami perlu informasi lebih lengkap mengenai kondisi Saudara.
    Apakah Saudara mengalami demam, tidak nafsu makan dan berat badan turun?
    Lebih baik memang konsultasi dengan dokter. Bisa dokter umum atau spesialis paru yang terdekat dengan Saudara.
    Mudah-mudahan membantu dan salam sehat….

  2. Dear ibu….

    Kemungkinan bisa TB kelenjar. memang bisa terjadi hasil biopsy suatu reaksi hiperplasi kelenjar yaitu reaksi kelenjar getah bening untuk meredam infeksi. Karena masih awal (reaksi radang secara umum/non spesifik) sehingga belum muncul reaksi radang sesungguhnya seperti yang diharapkan (TB kelenjar). Kalau TB Kelenjar disertai TB paru ya ada gejala batuk, kalau hanya TB kelenjar tidak ada gejala batuk. Teoritis TB kelenjar yang diobati dengan santibi plus (2 obat) tidak sembuh (teori tidak sama dengan fakta)

  3. Dear Bapak & Ibu….

    Melihat gejala yang ada kemungkinan penyakit infeksi seperti kebanyakan kasus di negara sedang berkembang. Untuk membuat diagnose TB paru pada anak memang tidak sederhana seperti pada orang dewasa, dibutuhkan informasi gejala, pemeriksaan fisik, foto rontgen dada, lab darah lengkap, mantoux test. Jika mengkaji data yang ada kemungkinan TB paru dan kelenjar masih mungkin. Untuk memastikan TB kelenjar bisa dilakukan biopsi kelenjar. Untuk penyakit infeksi tidak ada pantangan makan.
    Mudah-mudahan membantu dan segera konsultasikan dengan dokter.
    Salam sehat…..

  4. Dear Bapak & Ibu….

    Obat TB ada yang memberi efek samping kencing berwarna merah (sama seperti minum vitamin kencing berwarna kuning), namanya rifampicin. Durasi minum obat TB antara 6-9 bulan, silahkan kontrol secara teratur seperti anjuran dokternya. Obat dari kulit manggis bersifat tambahan boleh diminum asal obat TB tidak lupa.
    Salam sehat…..

  5. Dear Ibu Intan….

    Di Indonesia kasus TB paru masih banyak., kemungkinan untuk mendapat TB kelenjar juga besar. Ada kalanya TB kelenjar memberi gejala, kadan tanpa gejala hanya benjolan dileher. Untuk memastikan dengan biopsi. Biopsi jarum tidak menimbulkan luka sebab hanya disuntik jarum kecil seperti suntik di bokong.
    Salam sehat….

  6. Dear Bapak /Ibu….

    TB Kelenjar kalau diobati bisa sembuh total, ada kalanya benjolan mengecil tapi tidak sampai hilang pada akhir pengobatan. Asal prosedur pengobatan sudah sesuai anjuran dokter (lama dan jumlah obat sesuai) dan benjolan mengecil maksimal sudah cukup pengobatan bisa stop. Kalau ada keluhan akibat efek samping obat bisa keluhan di lambung, hati seperti mual, nyeri ulu hati.
    Anjuran cukup makan dengan gizi seimbang.
    Salam sehat….

  7. Dear Bapak/Ibu….

    TB kelenjar kalau diobati bisa sembuh total, ada kalanya benjolan mengecil tapi tidak sampai hilang pada akhir pengobatan. asal prosedur pengobatan sudah sesuai anjuran dokter (lama dan jumlah obat sesuai) dan benjolan mengecil maksimal sudah cukup pengobatan nisa distop. Kalau ada keluhan akibat efek samping obat bisa keluhan di lambung, hati seperti mual, nyeri ulu hati.
    Anjuran cukup makan dengan gizi seimbang
    Salam sehat…..

    • avatar adit says:

      Dok….kalau Ada benjolan di sebelah kiri Leher bagian atas, namun tidak terasa sakit. Tapi makin lama semakin besar serta benjolan nya agak keras. Itu penyebab nya apa ya dok, serta solusi nya apa. Mohon dibantu dok?

      • Dear Sdr.Adit….

        Terimakasih atas perhatiannya terhadap RS. Mitra Keluarga Surabaya
        Untuk memastikan keluhan Anda, dokter perlu melihat secara langsung dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memberikan diagnosa yang tepat. Saran kami, segera Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat agar segera mendapat penanganan dengan cepat & tepat.
        Apabila memerlukan informasi lebih lanjut & bantuan kami silahkan menghubungi 031-7345333 maka kami akan segera membantu Anda.

        Terimakasih & salam sehat

  8. avatar Bryants says:

    Selamat malam Dok,

    Di leher saya ada benjolan sekitar 2-3 cm ukurannya. Benjolan terasa sakit dan kadang2 panas, kadang agak gatal juga (gatal baru terasa setelah pengobatan TBC berjalan). Hasil test melalui biopsi, ternyata saya kena TB Kelenjar. Gejalanya memang sama seperti diatas seperti demam, keringat di mlm hari, penurunanan berat badan, tapi sama batuk2 ringan juga dan terus menerus tdk sembuh2 sampai sekarang. Sekarang saya sedang menjalani terapi pengobatan dan sudah berjalan selama 1,5 bulan. Setelah 1 bulan pengobatan, keluar cairan seperti nanah, tapi gak terus-menerus keluar, keluar lagi setelah 2 minggu kemudian itupun cuman sedikit. ukuran benjolan masih belum berkurang tapi udah gak sakit dan udah gak panas.

    Pertanyaan saya Dok:
    1. Saya tdk ada sama sekali melihat keluhan2an dari penderita TB Kelenjar disini kalo benjolan juga terkadang terasa agak gatal seperti yg saya alami. Apakah yg saya alami ini normal utk penderita TB Kelenjar?

    2, Apakah normal kalo cairan seperti nanah yg keluar hanya sedikit dan terjadi hanya 2 kali dalam wkt 1,5 bulan masa pengobatan? apakah dgn keluarnya cairan berarti benjolan akhirnya kempes dan hilang total?

    3. Apakah gejala batuk ringan yg saya alami terus-menerus (terutama dini hari sehabis bangun tidur) mengindikasikan kalo saya juga terkena TB Paru? apakah dgn gejalan disertai batuk terus menerus sudah pasti positive terkena TB paru juga? Sebelumnya keluhan batuk saya sampaikan ke dokter di awal, dokter kemudian memberikan obat batuk saja tanpa menyarankan utk cek thorax atau rontgen. Tapi saya berencana meminta utk dicheck thorax minggu ini.

    4. Kalau terkena TB kelenjar + paru pengobatannya seperti apa dok? apakah dgn obat yg sama seperti TB Kelenjar saja?

    Terimakasih dokter…

  9. avatar sahra susanti says:

    dok saya punya benjolan pada leher saya, tapi sudah periksa ke dokter, rumah sakit, laboratorium. semua bilang tidak apa-apa padahal benjolan makin besar dan makin terlihat. mohon balasan dan bantuannya. thank dok,

  10. avatar eko says:

    Malm. Dr saya mau tany ibu saya 4bulan yang lalu sakit kelenjar d leher kirinya trus sudah dioprasi. Lalu sekarang mulai sakit gitu lagi yang sebelah kananya… Yang saya mau tnyakan tu termasuk penyakit apa n penyebabya itu apa y dr, penyakit itu buat jangka panjang apa masih bisa kambu2en/bahaya gak dr. Trus cara mengantisipasinya gmn y dr..masalahya selain ibu saya juga pnya riwayat diabet dr.. Trims sebelumnya dr.d tunggu jwbnya dr.

  11. avatar devi says:

    pagi bu saya mau bertanya,,,saya mengidap penyakit tbc kelenjer menurut dokter.sudah 6 bulan saya berobat tapi sampai saat ini blm ada perubahan malah ada bolongan pada leher saya.bagai mana ini?mohon bantuaanya terimakasih

  12. avatar devi says:

    pagi dok….saya sudah lama negidap penyakit tbc kelenjer sudah 6 bulan dan setiap bulan saya selalu cek kerumah sakit tp benjolan leher saya masih saja ada bahkan untuk saan ini ada bolongan kecil dileher saya,mohon sarannya,terimakasih

  13. avatar Lisda wijaya says:

    Anak saya usia 20 tahun,tiba2 dibawah rahang terjadi pembengkakan,kiri dan kanan,sebelumnya menderita batuk yg sudah agak lama,kemarin konsultasi di dokter,ternyata benjolan tersebut tdk apa2,hasil rontgen menunjukkan paru agak kotor,yg jadi pertanyaan saya,apakah benjolan tersebut timbul akibat adanya infeksi dan bisa hilangkah?karena sudah 5 hari masih keliatan bengkaknya,thanks

  14. avatar memey05 says:

    Saya di diagnosa tb kelenjar sejak september 2012 setelah biopsi oleh dokter di benjolan leher. Sampai hari ini msh konsumsi obat wlpn benjolan sdh hilang krn saya msh sering merasa mudah lelah. Lalu kmrn tgl 21 jan 2014 saya merasa sakit dileher stlh saya raba ada benjolan Ŀªƍĭ dan sakit kalo diraba.. Yg ingin saya tanyakan apakah itu tb kelenjarnya kambuh Ŀªƍĭ? Slm ini saya minum obat rimactazid, tibigon dan pyrazinamid. Hrs kah saya ganti obat atau hrs dibiopsi kembali? Krn benjolan kaLi ini tdk terlihat spt benjolan sblmnya.. Dan mulai seminggu lalu saya minum obat tradisional daun benalu kopi di minum spt teh, apakah itu kontradiksi dgn obat saya? Saya takut sekaLi dokter.. Adakah cara Lain utk bs segera sembuh? Saya putus asa..
    Terimakasih sebelumnya bu dokter.. Gbu..

  15. avatar slamet sutrisno says:

    Anak saya berusia 20 bulan tinggi 84cm bb 10,3 kg, saat ini pada lehernya sebelah kanan maupun kiri apabila diraba ada banyak benjolan,, kondisi anak saya saat ini sehat dan tidak pernah sakit,, pemeriksaan apa yg harus saya lakukan..

  16. avatar Iwan Sudrajat says:

    Selamat Pagi Dokter,
    anak perempuan saya 8 tahun ada benjolan di leher memerah asalnya kecil sebesar/seperti kacang merah , bersamaan dengan cacar air, diagnosa dokter umum kemungkinan TB dan disarakan untuk cek darah & rotgen, hasil lab negatif dan hasil rontgen juga tidak ada indikasi di paru parunya kena TB, pertanyaannya benjolan tersebut kira-kira disebabkan oleh apa ya dok

  17. avatar adek suryani says:

    anak sy umur 1,5 th punya kelenjer dilehernya kecil2, waktu di mantoug hslnya negatif, disuruh ronsen hslnya sugesti flek paru. artinya apakah itu mmg tb paru dan musti minum obat rutin atau bgimn?

    • Dear Ibu Suryani…

      Terimakasih atas kepercayaannya terhadap RS.Mitra Keluarga Surabaya
      Langkah yang baik yang sudah dilakukan untuk anak ibu dengan mantaoux test dan rontgen. Saran kami, hasil tersebut dikonsultasikan ke dokter spesialis paru.
      Silahkan menghubungi 031-7345333 untuk informasi lebih lanjut atau membuat perjanjian dengan dokter.

      Terimakasih & salam sehat

  18. avatar Ridho says:

    Dok, dileher saya ada seperti benjolan, tpi tidak terlalu besar…. tapi jika di tekan terasa sakit… kira kira itu penyakit apa ya?

    • Dear Bp. Ridho….

      Terimakasih atas kepercayaannya terhadap RS. Mitra Keluarga Surabaya
      Saran kami, segera periksakan diri ke dokter terdekat untuk diperiksa secara cermat dan mendapat penanganan dengan tepat.
      Apabila memerlukan informasi lebih lanjut dan bantuan kami, silahkan menghubungi 031-7345333 kami akan membantu bapak.

      Terimakasih & salam sehat

  19. avatar Desinta says:

    Dear dokter

    saya mhn tanya. Saya mengalami batuk n radang tenggorokan 4 hari lalu. Sudah berobat ke dokter umum dan diberikan obat batuk. Saya didiagnosa ada asma, hanya saja yh sekarang saya rasakan sekarang tiap kali berbaring pasti napas saya bersuara ‘grok-grok’ dari leher. Seperti ada dahak yg menghalangi aliran udara. alhasil tiap malam saya tdk bs tidur. Fisik jadi lelah.
    Apakah ini termasuk jenis TBC dokter?
    Terimakasih

  20. avatar nurul fm says:

    Selamat pagi dok..
    Saat ini saya sedang sakit..
    Ada benjolan.pada leher saya..
    Dan.terasa.sangat.sakit.

    Dulu saat saya masih kecil saya.prnah kena fleks dan minum obat smpai 1 tahun.

    Saya sudah berobat ke RS. mitra bekasi timur..
    Hasil.ronsen normal.
    Tinggal.menunggu hasil tes darah.

  21. avatar Alqomah says:

    Dok seminggu yang lalu ayah saya operasi kelenjar getah bening di lehernya,tp sudah beberapa hari setelah operasi keadaan ayah saya sering ngedrop,zsuka tiba” kaya pingsan! Akhirnya ayah saya kembali di rawat di rumah sakit,hingga akhirnya dokter bilang katanya ayah saya kena TBC! Apa itu artinya ayah saya kena TBC kelenjar dok?? Dan masih bisa sembuh kan dok?

  22. avatar iin anggraini says:

    dokter..
    dipundak dan dileher sebelah kiri saya ada benjolan. benjolan ini sudah ada sejak 2 tahun yang lalu. dulu awalnya pundak saya yang bengkak, kemudian muncul benjolan kecil-kecil dileher.
    saya sudah konsultasi dengan dokter bedah, beliau mengatakan harus dilakukan operasi untuk mengetahui persis penyekitnya. tapi saya belum yakin untuk melakukan operasi. saya mohon saran dari dokter langkah pengobatan bagaimana untuk menyakit saya ini dok?
    dulu awalnya memang tidak terlalu terasa efeknya, tapi sekarang cukup mengganggu kalau saya salah makan sedikit saja kepala saya pusing dan ditempat yang ada bengkaknya terasa nyeri.
    terimakasih dokter

  23. avatar S.Wahyudi says:

    Dear Dokter RSMK Surabaya

    Adik Saya di Jember berusia 22 tahun sudah jalan 3 bulan ini mengalami benjolan di leher, batuk hingga sulit bernafas dan demam/panas malam hari serta kulit terasa gatal.

    Sebagai langkah awal, pada Desember 2013 saya bawa ke Dokter Umum, kemudian disarankan untuk ke Dokter PA utk diambil sampel kelenjar atau Biopsi. Hasil dari Dokter PA di rumah sakit menyebutkan kalo adik saya terkena Kelenjar Getah Bening kata Dokter nya sejenis Kanker, dan disarankan untuk Rontgen dan ke Dokter Ahli Penyakit Dalam di RS tersebut. Menurut Dokter Penyakit Dalam tersebut adik saya harus Cuci Darah dan tidak memberi resep obat sama sekali.

    Karena kaget, dan ingin mendapat Second Opinion, saya bawa adik saya ke Dokter Ahli Saluran Pernafasan dan Paru di Jember. Di Dokter Paru tersebut, adik saya kembali di Rontgen dan hasilnya kata dokter tersebut ada Infeksi Paru, sedangkan batuk, deman dan gatal itu efek dari Infeksi tersebut.

    Setelah di periksa dan di suntik adik saya di beri resep obat dan di beri pantangan untuk tidak makan beberapa jenis makanan, ikan, buah dan es, serta jgn keluar malam.

    Keluarga lega, karena ternyata bukan kanker. nah dokter, setelah 3 bulanan jalan pengoabatannya, adik saya merasa kalau demam malam hari nya sudah hilang, batuk nya masih tapi jarang terjadi. Namun kulit tangan dan kaki nya jadi lebih kasar dan tebal tdk seperti biasa nya, Gatal kulit nya masih terjadi, dan kulit wajah nya serasa panas dan menghitam. Sedang nafsu makannya normal meskipun sempat menurun.

    Mohon sarannya, apa yang harus saya lakukan, apakah lanjut berobat di dokter Paru dan Pernafasan tersebut hingga sembuh, menurut dokter tersebut adik saya bisa sembuh dalam waktu 6 bulan an.

    Ataukah saya pindah ke dokter lainnya, atau di kemo seperti saran dokter ahli penyakit dalam yang pertama. Karena saya tinggal di Surabaya saya sulit untuk memantau kondisi Adik saya. Mohon saran nya.

    Terima Kasih
    S Wahyudi
    Surabaya

  24. avatar rakjab says:

    apakah benjolan kerena TBC harus di angkat (operasi) Atau minum obatnya aja sudah cukup,,????

  25. avatar ade says:

    dok d leher sblah kiri saya ada benjolan yg kira2 sudah 3 bulan, dlu benjolan ini tidak merah tp skarang agak merah kalau ditekan agak sedikit sakit kadang2 agak panas tp kodisi badan saya normal tidak mengalami panas dingin, ataupun batuk2, tapi terkadang saya agak sulit menarik nafas karna jika tarik nafas dalam jantung/paru2 saya sakit jdi harus napas pelan2 tp itu sudah saya alami sejak 4-5 tahun yg lalu kemarin saya ke dokter kata dokter di khawatirkan itu peradangan kelenjar,,mohon penjelasannya ya dokter,, terimakasih

  26. avatar efendi says:

    Dok, anak saya umurnya 16 thn, ada benjolan dileher dan sdh dibiopsi hasilnya kelenjar teroid tbc apakah penyakit tersebut bisa sembuh dengan di operasi dok, mhon penjelsannya, trim’s

  27. avatar efendi says:

    Dok, mhon penjelsannya apakah penyakit teroid tbc di leher bisa dioperasi.

  28. avatar yuanito says:

    Dok, anak saya umur 2 tahun 4 bulan. Sejak umur 18 bulan dia sering pilek terus menerus. diberi obat sembuh kemudian pilek lagi, begitu terus menerus. Kebetulan saya menderita alergi dingin dan debu. Dan kemungkinan alergi saya itu menurun padanya. Namun sekitar 1 minggu terakhir anak saya batuk terus menerus. Anehnya hanya kambuh pada malam hari dan subuh saja. Begitu dilakukan rontgen ternyata terdapat flek pada paru-parunya. Apakah flek tersebut disebabkan oleh alergi dingin atau kah penyakit TBC dok? dua minggu sebelumnya dia sempat panas tinggi selama 3 hari namun setelah diberi obat dari dokter langsung turun panasnya sampai sekarang. Dan saya cek di lehernya juga tidak ada benjolan apa pun. Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

  29. avatar yayah says:

    dok, dileher sebelah kiri saya ada benjolan agak keras jika di tekan, dan ada 2 benjolan nya..itu penyakit apa ya dok?

  30. avatar Mitro Bagyo Winarno says:

    Dokter RS Mitra Keluaraga Surabaya yang baik, Anak saya sekarang ada benjolan dileher dibawah telinga kiri ada 2 dan telinga kanan 1, dulu 2 ,5 tahun yang lalu pernah kena tbc kelenjar ada benjolan 1, dan diobati selama 9 bulan, sekarang malah tambah 2 jadi 3. Untuk mengatasainya menurut dokter terdekat untuk segera dioperasi, namun ada juga dokter yang memberi obat tbc kelenjar, karena saya khawatir dengan operasi maka saya pilih untuk diberi obat saja, Bagaimana dokter sebaiknya? bila dipadu dengan obat herbal boleh ndak ya?mohon penjelasan, trims

  31. avatar ririn says:

    dok, saya mau tanya
    saya ada benjolan di leher sudah slm 7 bulan ini…
    tetapi saya tidak pernah batuk

    nafsu makan saya memang turun
    telapak kaki pun sakit jika untuk berjalan
    benjolan tsb sering terasa sangat nyeri dan panas jika saya kecapekan

    apakan itu juga gejala karena tbc atau yang lain dok

  32. avatar ovellinda says:

    bagaimana cara menangani radang kelenjar di leher yang pecah?

  33. avatar endi says:

    Dok.. saya ingin bertanya, saya positif TB sekitat 2thn lalu tapi baru memulai pengobatan tepat hari ini (5 maret 2014) karena saya yang hanya hidup berdua dgn kk dan jarang diurus, tahun lalu benjolan dileher saya muncul awalnya di kiri kemudian pecah dan kemudian yang kanan. pertanyaan saya, apakah saya bisa melakukan pengobatan untuk keduanya sekaligus? atau harus menyelesaikan Pengobatan tb terlebih dahulu baru kemudian tb kelenjarnya?.. mohon jawabannya

  34. avatar caecilia says:

    selamat siang dok,
    saya mau tanya, apakah TB Kelenjar getah bening apabila pecah bs menular ya dok?

  35. avatar tomy says:

    Dok saya ingin bertanya, kalo di leher timbul benjolan kecil itu knapa ya, setelah sekian lama makin membesar dan menggangu pita suara sehingga berbicara pun ga bisa jelas lagi, terus kalo malam hari kadang terasa sakit. berat badan menurun drastis, kadang kadang batuk jg, nafsu makan ga ada, sekarang penderitanya jadi lemas dan kadang sesak nafas dan muka pucat. Terima kasih….mohon saran terbaiknya, sebab ke 2 rmh sakit dan hasilnya beda beda, jadi membingungkan…

    Terima kasih

  36. avatar angga talenta says:

    dok,dileher dan sktr kepala saya muncul benjolan kecil.itu timbul setelah nyeri untuk menelan hilang,krn sblmnya saya sempat sakit radang tenggorokan.apakah itu efek dari penyakit yg saya alami sblmnya?atau bkn?mohon pencerahannya,terima kasih.NB:diketiak kiri jg sela paha jg timbul benjolan kecil

  37. avatar novita says:

    Sy mao nanya dileher sebelan kanan sy ada benjolan awalnya kcil lama kelamaan jd membesar benjolan itu sangat keras itu karna apa ya,dlu sya sering btuk2 smpai keluar darah .mohon bantuanya ya dok

  38. avatar fitri says:

    dok. saya punya teman dia di diagnosa terkena tbc paru. dia sudah menjalani pengobatan 2bulan. maaf saya pernah kiss dengan dia. apakah akan cepat menular? mohon jawabannya.

  39. avatar wahyu rizki says:

    pak/buk saya mau nanya,saya punya kelenjar di leher sebanyak 5,2 dilleher kanan 2 dileher kiri dan 1 di pangkal leher ..
    namun saya tidak ada gejala TBC seperti batuk berkepanjangan,demam,mudah capek saya rasa saya sehat dan baik2 saja
    apakah pendapat pak/ibu dokter tentang saya,…?

  40. avatar joko says:

    dok, di leher anak sayaterdapat benjolan.benjolan itu sudah ada ketika anak saya berusia 2 th dan ketika itu saya konsulkan ke dokter dan bilang dokter tidak ada apa apa.sekarang anak saya sudah berusia 6 th tetapi benjolan itu masih ada.Setelah saya konsultasikan ke dokter lagi dokter menganjurkan untuk di operasi.mohon informasinya dok apakah ada kemungkinan anak saya terserang tbc.tks

  41. avatar usman says:

    Dokter, dileher bagian atas sya ada benjolan kecil kalau kita raba baik sebelah kiri maupun sebelah kanan, di tekan tidak sakit dan juga sudah sekian tahun tidak membesar apakah ini termasuk gejala suatu penyakit TB kelenjar atau lain nya ?

  42. avatar .SARI says:

    dok,,saya sari 30 th.10 th yg lalu leher kanan saya pernah dioperasi/biopsi dan ternyta TB KELENJAR.saya sudah pengobatan 12 bln.sbln tertakhir ini leher yg kiri bengkak lg,saya berobat ke Sp bedah dikasih antibiotik LEVO akhrnya sembuh,ehh skrg leher yg kanan lg bengkak.rasanya nyeri,kadang demam,rasa ga nyaman/bad mood trs jadi nya saya dok.apakah TB kelenjar bisa kembali kambuh lg??trs untuk biopsi apakah hrs dg operasi????
    terimakasih dok….

  43. avatar sofi says:

    Dok, mau tanya …
    Kalau TB kelenjar getah bening sudah selesai diobati dan sembuh total. Misalkan kenanya masih kecil, apa ada kemungkinan bisa reaktivasi kembali menjadi TB sekunder seperti di TB paru. Trimakasih dok

  44. avatar dwi says:

    dok,sya penderita TBC kelenjar di leher sebelah kiri&sdh 6 bln terapi pengobatan. sya melakukan fnab lagi&ternyata bakteri tb msh aktif kemudian saya melanjutkan pengobatan 2-3 bln ke dpn . pertanyaan sya, jika bsk hasil fnab trnyata bkterinya sdh lemah, apa ada kemungkinan bakteri tsb aktif lagi?

  45. avatar ria says:

    Selamat Sore Bu..
    terkait dengan masalah benjolan pada leher, dan kebetulan saya lagi mengalami benjolan itu yang tepatnya di leher sebelah kanan, dan benjolan itu pada awalnya tidak sakit n keras, mkin kelamaan timbulah rasa sakit yg tiba2. dan saya smpet cek kedokter dan saya lupa nama pnyakitnya yang saya ingat itu kata kahirnya jinak. dan dokter bilang tidak ada mslah dan dokter memberikan obat damn trus kata dokter itu kalau sudah mnum obat itu kempes. dan skrang obat itu sdah hbis dan bnjolan itu tidak ada perubahan,
    bdan saya tidak mersakan apa2/sakit hanya terjadi perubahan pada brat bdan saya trun, nafsuh makan brkurang, rmbut rontok hebat.
    menurut penyakit apa yang saya alami ini?
    dan apa cara nagatasinya bu.
    mhon dijawab ya bu
    terima kasih Ibu,,,
    salam sore

  46. avatar masnif says:

    Terima kasih


Leave a Reply


× 3 = three