WASPADA BENJOLAN PADA LEHER (Deteksi Dini TBC Ekstra Paru)

Tuberculosis kerap dikenal sebagai penyakit flek paru-paru. Padahal TBC juga bisa menyerang organ lain seperti usus, kulit hingga kelenjar. Karenanya waspadai ketika muncul benjolan pada leher ataupun tubuh anda. Pemeriksaan sejak dini akan membantu mendeteksi adanya TBC ekstra paru.

Saat ini Indonesia merupakan salah satu pemasok penderita TBC terbesar didunia setelah Cina dan India. Ternyata TBC bisa muncul diluar organ paru. Beberapa penyakit TBC ekstra paru yang ditemukan antara lain TBC Kelenjar, TBC Usus, TBC Kulit, Mengitis TBC, TBC Ginjal, dan TBC Hati. Jenis penyakit TBC ini bisa menyerang organ tubuh selain paru. TBC Kelenjar ditemukan disekitar leher berpa pembesaran kelenjar getah bening. Salah satu kelenjar getah bening yang banyak terserang adalah kelenjar yang ada di leher. Kelenjar getah bening itu terdapat pada beberapa bagian tubuh yang berbeda mulai dari leher, ketiak, sela paha serta didalam perut. Dan bila terjadi infeksi pada tubuh biasanya kelenjar itu akan membengkak. Infeksi kelenjar itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu infeksi nonspesifik yakni infeksi akibat adanya peradangan organ tubuh lain dan infeksi spesifik yakni adanya tubercolusis (TBC) kelenjar atau penyakit kelamin.

Jika dilihat dari gejala klinisnya, derita TBC kelenjar diawali demam berkepanjangan, batuk lama, nafsu makan menurun, serta munculnya benjolan-benjolan pada leher atau ketiak serta sela paha. Hanya saja, yang paling banyak ditemukan adalah adanya benjolan dileher. Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar itu biasanya akan terlihat mengelompok. Dan suatu saat benjolan-benjolan tersebut akan pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah. Sebagai langkah antisipasi jika memang terdapat benjolan pada bagian tubuh seperti leher, ketiak serta sela paha segera periksakan diri ke dokter..

Gejalanya memang tidak terlalu dapat dirasakan oleh penderitanya. Tiba-tiba benjolannya sudah semakin membesar saja. Kelenjar di lehar membengkak banhkan menyebar ke bagian lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya peradangan pada kelenjar getah bening akibat bakteri TBC itu. Tubuh mulai agak lemah, tidak kuat kecapekan. Kalau capek kadang tiba-tiba sedikit demam dan kelenjar leher pun ikut-ikutan panas.

Untuk pemeriksaan dini, biopsi masih menjadi satu-satunya cara yang bisa membantu seseorang mengetahui penyebab terjadinya pembekakan kelenjar getah bening pada tubuh. TBC paru bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat secara terus menerus selama enam bulan, sedangkan penyembuhan TBC kelenjar membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni 9 bulan. Meski TBC kelenjar masuk dalam kategori TBC tetapi penyakit ini bukanlah tipe penyakit yang akan menular ke orang lain. Kecuali penderita TBC kelenjar bersangkutan juga menderita penyakit TBC paru. Penjagaan kondisi tubuh harus selalu diperhatikan. Misalnya dengan menganut pola hidup sehat, yakni makan dan olahraga teratur, istirahat cukup dan bila perlu rajin mengkonsumsi multivitamin. Sebab dengan tubuh yang sehat, seseorang lebih siap mempertahankan diri dari serangan penyakit.

Ket : Artikel dimuat pada Tabloid Nurani Edisi 579.Maret I.2012 ( kolom kesehatan wanita )

13 Responses to “WASPADA BENJOLAN PADA LEHER (Deteksi Dini TBC Ekstra Paru)”

  1. Selamat siang…..

    Membaca keluhan Saudara, kami perlu informasi lebih lengkap mengenai kondisi Saudara.
    Apakah Saudara mengalami demam, tidak nafsu makan dan berat badan turun?
    Lebih baik memang konsultasi dengan dokter. Bisa dokter umum atau spesialis paru yang terdekat dengan Saudara.
    Mudah-mudahan membantu dan salam sehat….

  2. Dear ibu….

    Kemungkinan bisa TB kelenjar. memang bisa terjadi hasil biopsy suatu reaksi hiperplasi kelenjar yaitu reaksi kelenjar getah bening untuk meredam infeksi. Karena masih awal (reaksi radang secara umum/non spesifik) sehingga belum muncul reaksi radang sesungguhnya seperti yang diharapkan (TB kelenjar). Kalau TB Kelenjar disertai TB paru ya ada gejala batuk, kalau hanya TB kelenjar tidak ada gejala batuk. Teoritis TB kelenjar yang diobati dengan santibi plus (2 obat) tidak sembuh (teori tidak sama dengan fakta)

  3. Dear Bapak & Ibu….

    Melihat gejala yang ada kemungkinan penyakit infeksi seperti kebanyakan kasus di negara sedang berkembang. Untuk membuat diagnose TB paru pada anak memang tidak sederhana seperti pada orang dewasa, dibutuhkan informasi gejala, pemeriksaan fisik, foto rontgen dada, lab darah lengkap, mantoux test. Jika mengkaji data yang ada kemungkinan TB paru dan kelenjar masih mungkin. Untuk memastikan TB kelenjar bisa dilakukan biopsi kelenjar. Untuk penyakit infeksi tidak ada pantangan makan.
    Mudah-mudahan membantu dan segera konsultasikan dengan dokter.
    Salam sehat…..

  4. Dear Bapak & Ibu….

    Obat TB ada yang memberi efek samping kencing berwarna merah (sama seperti minum vitamin kencing berwarna kuning), namanya rifampicin. Durasi minum obat TB antara 6-9 bulan, silahkan kontrol secara teratur seperti anjuran dokternya. Obat dari kulit manggis bersifat tambahan boleh diminum asal obat TB tidak lupa.
    Salam sehat…..

  5. Dear Ibu Intan….

    Di Indonesia kasus TB paru masih banyak., kemungkinan untuk mendapat TB kelenjar juga besar. Ada kalanya TB kelenjar memberi gejala, kadan tanpa gejala hanya benjolan dileher. Untuk memastikan dengan biopsi. Biopsi jarum tidak menimbulkan luka sebab hanya disuntik jarum kecil seperti suntik di bokong.
    Salam sehat….

  6. Dear Bapak /Ibu….

    TB Kelenjar kalau diobati bisa sembuh total, ada kalanya benjolan mengecil tapi tidak sampai hilang pada akhir pengobatan. Asal prosedur pengobatan sudah sesuai anjuran dokter (lama dan jumlah obat sesuai) dan benjolan mengecil maksimal sudah cukup pengobatan bisa stop. Kalau ada keluhan akibat efek samping obat bisa keluhan di lambung, hati seperti mual, nyeri ulu hati.
    Anjuran cukup makan dengan gizi seimbang.
    Salam sehat….

  7. Dear Bapak/Ibu….

    TB kelenjar kalau diobati bisa sembuh total, ada kalanya benjolan mengecil tapi tidak sampai hilang pada akhir pengobatan. asal prosedur pengobatan sudah sesuai anjuran dokter (lama dan jumlah obat sesuai) dan benjolan mengecil maksimal sudah cukup pengobatan nisa distop. Kalau ada keluhan akibat efek samping obat bisa keluhan di lambung, hati seperti mual, nyeri ulu hati.
    Anjuran cukup makan dengan gizi seimbang
    Salam sehat…..

    • avatar adit says:

      Dok….kalau Ada benjolan di sebelah kiri Leher bagian atas, namun tidak terasa sakit. Tapi makin lama semakin besar serta benjolan nya agak keras. Itu penyebab nya apa ya dok, serta solusi nya apa. Mohon dibantu dok?

      • Dear Sdr.Adit….

        Terimakasih atas perhatiannya terhadap RS. Mitra Keluarga Surabaya
        Untuk memastikan keluhan Anda, dokter perlu melihat secara langsung dan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memberikan diagnosa yang tepat. Saran kami, segera Anda berkonsultasi dengan dokter terdekat agar segera mendapat penanganan dengan cepat & tepat.
        Apabila memerlukan informasi lebih lanjut & bantuan kami silahkan menghubungi 031-7345333 maka kami akan segera membantu Anda.

        Terimakasih & salam sehat

  8. avatar adek suryani says:

    anak sy umur 1,5 th punya kelenjer dilehernya kecil2, waktu di mantoug hslnya negatif, disuruh ronsen hslnya sugesti flek paru. artinya apakah itu mmg tb paru dan musti minum obat rutin atau bgimn?

    • Dear Ibu Suryani…

      Terimakasih atas kepercayaannya terhadap RS.Mitra Keluarga Surabaya
      Langkah yang baik yang sudah dilakukan untuk anak ibu dengan mantaoux test dan rontgen. Saran kami, hasil tersebut dikonsultasikan ke dokter spesialis paru.
      Silahkan menghubungi 031-7345333 untuk informasi lebih lanjut atau membuat perjanjian dengan dokter.

      Terimakasih & salam sehat

  9. avatar Ridho says:

    Dok, dileher saya ada seperti benjolan, tpi tidak terlalu besar…. tapi jika di tekan terasa sakit… kira kira itu penyakit apa ya?

    • Dear Bp. Ridho….

      Terimakasih atas kepercayaannya terhadap RS. Mitra Keluarga Surabaya
      Saran kami, segera periksakan diri ke dokter terdekat untuk diperiksa secara cermat dan mendapat penanganan dengan tepat.
      Apabila memerlukan informasi lebih lanjut dan bantuan kami, silahkan menghubungi 031-7345333 kami akan membantu bapak.

      Terimakasih & salam sehat


Leave a Reply


two × 3 =