• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

Obat habis, jempol kaki gatal kembali..

Hallo dok,
Saya sudah 2x berobat untuk keluhan jempol kaki saya gatal dan terkadang berdarah (kulit seperti retak) diagnosa terkena jamur. Saya diberikan obat salep jamur, dextamec 0,5g dan tetracycline hci 500g.
Kaki saya langsung sembuh dan mulus kembali,,tapi selang seminggu setelah obat habis kaki saya gatal kembali dan ini sdh pengobatan ke dua kalinya.
Kira2 saya terkena jamur apa dan harus pengobatan seperti apa agar sembuh total, karna saya sdh sangat frustasi dok..
Terimakasih.

    Dokter RSMK Depok
    Dokter RSMK Depok

    Sdri Mira yg baik,
    Dari kelainan yg sdri sampaikan spertinya bukanlah suatu kelainan yg disebabkan oleh jamur (kulit spt retak), namun suatu keadaan yg disebut sbg Xerosis Kutis, yaitu kekeringan kulit shg kulit menjadi sgt iritatif.
    Hal ini bisa dipicu krn expose kulit yg berlebihan dg keadaaan yg extreme, spt panas dan bahan-bahn kimia (detergen), debu dan paling banyak ditemukan di area terbuka, seperti tangan atau kaki.
    Kondisi ini dpt diminimalisir dg pemberian pelembab kulit sesering mungkin, jika perlu diberi krim anti alergi (kortikosteroid).
    Kelainan ini dpt berulang, bila kulit berkurang kelembabannya, dan terpapar dg bahan alergen. Oleh krnya, hrs seringkali mengoleskan pelembab pd bagian-bagian tersebut dg pelembab utk mengurangi rekurensi (gejala berulang).
    Untuk lebih jelas lagi, sebaiknya sdri Mira memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kami di RSMKD utk selanjutnya diberikan penanganan yg lebih tepat lagi.
    Semoga jawaban kamu dapat membantu, Terima Kasih untuk pertanyaannya,
    Salam Sehat RSMKD.

Pertanyaan lain