• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

bingung memilih dokter

  • Ditanyakan oleh: fkyani
  • Kategori: Umum

selamat siang,
anak sy laki2 usia 4thn 6bln,110 cm/19 kg, 2 minggu terakhir matanya sering berkedip cepat.sudah sy beri obat cacing tetap saja begitu.ada yg bilang mungkin anak saya stres atau terkena tic.sy jadi bingung harus mendatangi dokter spesialis anak atau mata atau syaraf atau kejiwaan?
terimakasih.

    Dokter RSMK Cikarang
    Dokter RSMK Cikarang

    Yth Ibu Yani,

    Beberapa penyebab mata anak sering berkedip adalah:

    1. Mata kering, karena berkedip merupakan salah satu mekanisme untuk melumasi permukaan mata.
    2. Anak memiliki masalah penglihatan seperti convergence insufficiency, yaitu masalah dalam hal memfokuskan kedua matanya terhadap objek yang dekat. Atau masalah penglihatan yang kabur juga membuat seseorang berkedip lebih sering.
    3. Adanya masalah pada kelopak mata atau bagian mata lainnya
    4. Memiliki gangguan sindrom Tourette, salah satu gejala dari sindrom ini adalah anak sering melakukan ‘tics’ yang bisa berupa mata berkedip.
    5. Adanya gangguan gerakan yang disebut dengan dystonia.
    6. Adanya gangguan saraf atau neurologis.
    7. Mata sering berkedip juga bisa menjadi bagian dari epilepsi.
    8. Adanya reaksi alergi yang membuat mata menjadi lebih sering berkedip.

    Untuk mengetahui penyebab mata anak sering berkedip, diperlukan riwayat kesehatan dari anak dan juga pemeriksaan klinis. Kami sarankan Ibu membawa anak ibu ke Dokter Spesialis Anak terlebih dahulu untuk mengkaji beberapa kondisi terkait beberapa penyebab mata sering berkedip diatas. Dokter Spesialis Anak tersebut yang akan mengarahkan ibu apabila diperlukan pemeriksaan lebih lanjut/konsultasi dengan bidang spesialisasi lainnya. Terima kasih

Pertanyaan lain