• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

Sakit kepala sebelah kanan

  • Ditanyakan oleh: apri rebo
  • Kategori: Umum

Kepada Dokter Yth
Saya sakit kepala sebelah kanan sudah empat (4) hari belum sembuh, saya sudah minum obat migran tidak ada perubahan ?
Terima kasih bapak dan ibu dokter.

    Dokter RSMK Cibubur
    Dokter RSMK Cibubur

    Selamat pagi sdr Apri di tempat,
    sebelum saya menjawab pertanyaan dari mas/bpk apri , ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan, Apakah Anda mengalami gangguan penglihatan (mis: melihat kilatan cahaya, bintik hitam, kabur sebelah sisi)? Kemungkinan mas/bpk mengalami sakit kepala migrain.

    Sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala dikenal dengan istilah migrain. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura.

    Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migrain adalah :
    1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine ( keju , red wine )
    2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko
    3.Makanan yang mengandung Nitrat ( bologna,salami,smoked meat )
    4. Makanan yang difermentasi
    5. Alkohol ( red wine )
    6. Caffeinated ( softdrink,teh,kopi )

    saran dari saya ada baiknya bpk/mas berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf agar didapatkan diagnosis dan terapi yang tepat dan sesuai.

    semoga jawaban saya dapat membantu

    Terimakasih

Pertanyaan lain