• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

Nyeri & Sakit di bagian bahu,leher & Kepala sebelah kanan

  • Ditanyakan oleh: Hernie
  • Kategori: Umum

Selamat pagi Dok,

Dok, saya mau tanya, saya sering sakit kepala bagian belakang terutama sebelah kanan, sakitnya mulai dari bahu atas ke leher & kepala, terus saya juga sering sakit kepala sekali yang menekan ketika saya kepanasan/terkena sinar matahari, kira-kira kenapa ya dok, terus apa yang harus saya lakukan, ini termasuk ketegangan saraf atau ada indikasi lain? kalau mesti periksa ke dokter saya harus ke dokter apa ya?

    Dokter RSMK Cibubur
    Dokter RSMK Cibubur

    Selamat pagi Ibu / saudari di tempat…

    Dari Informasi yang anda berikan anda mengalami nyeri yang menjalar dari bahu sampai leher dan kepala.
    Bila ibu mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

    Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain : stress,Gangguan tidur, posisi tubuh yang salah saat bekerja, Waktu makan yang tidak teratur, kelelahan mata dll.

    TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress.

    Apabila ibu ingin melakukan pemeriksaan untuk diagnosis pasti dapat diperiksakan ke dokter spesialis saraf.

    Semoga Jawaban saya dapat membantu ibu.
    Terimakasih

    Dokter Spesialis Saraf :
    1. dr. Henny Aquarita K,SpS ;Jadwal Praktek (Senin sd sabtu 08.00-14.00 ) ( senin, rabu,kamis, jumat 17.00 -20.00 )
    2. dr. CH.Robert Loho, Sps ; Jadwal Praktek (selasa 17.00-20.00) ( sabtu 16.00-20.00)

Pertanyaan lain