• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

Miom dan Kista

Malam Dokter,

Saya Tia (nama dirahasiakan), umur 29 thn. Bulan Maret 2012, saya diDiagnosa mengidap Miom & Kista. Setelah 6 bln kemudian, saya diminta untuk pemeriksaan kembali untuk melihat apakah Miom & Kista bertumbuh atau tidak. Saya juga disarankan untuk segera hamil dalam waktu 1 thn oleh dokter. Yang mau saya tanyakan adalah:
1. Jika saya hamil, apakah akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin saya baik fisik maupun mental dok (cacat fisik/mental)?
2. Bagaimana dengan asupan Gizi bagi bayi saya nantinya? apakah berkurang?
3. Perlukah saya melakukan test kesehatan kembali sebelum hamil?
Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih banyak

    Dokter RSMK Cibubur
    Dokter RSMK Cibubur

    Selamat Pagi ibu Tia

    Terimakasih atas pertanyaan dari ibu

    Mioma uteri dapat membesar dalam kehamilan akibat stimulasi hormon estrogen. Komplikasi yang mungkin terjadi bergantung pada lokasi, ukuran dan jumlah mioma tersebut. Jika implantasi plasenta berada diatas atau dekat dengan mioma tersebut maka dapat meningkatkan angka keguguran, kelahiran prematur dan perdarahan sesudah melahirkan. Multiple Mioma sering berhubungan dengan meningkatnya angka kelainan letak janin dan persalinan prematur. Mioma uteri tidak berhubungan dengan cacat mental dan fisik janin.
    Pemeriksaan kesehatan sebelum hamil perlu dilakukan untuk menyelidiki sedini mungkin kemungkinan komplikasi atau penyulit yang mungkin terjadi saat kehamilan dan persalinan normal.

Pertanyaan lain