• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

nyeri perut bagian bawah disertai keputihan

selamat siang Dok,
saya mau tanya, kalau saya sering sakit perut dibagian bawah dan disertai dengan keputihan. Saya mengalami sakit perutnya pada periode seminggu sampai 2 minggu setelah haid saya selesai. Biasanya saya ke dokter umum, dan hanya diberikan obat utk infeksi lambung saja. kadang sakitnya bisa hilang jika dikasi air hangat, karena saya punya riwayat infeksi lambung dan gejala usus buntu. Dahulu, saya mengalaminya sebulan sekali. tapi untuk sekarang2 ini, saya sudah jarang mengalaminya. Terus saya juga dulu pernah ada benjolan di area kelamin, tapi hilang dengan sendirinya, dan itu saya alami sekitar 4-5x dalam setahun ini dan selalu terjadi saat sebelum haid. apakah itu berbahaya Dok?

terima kasih atas perhatiannya

    Dokter RSMK Bekasi Timur
    Dokter RSMK Bekasi Timur

    Selamat siang mba Nicola…
    Terimakasih atas kunjungannya diwebsite RS Mitra Keluarga Bekasi Timur.
    Mengenai pertanyaan mba Nicola saya akan mencoba menjawabnya.Sebelumnya kita harus mengetahui penyebab sakit perut, seperti :
    1. nyeri bagian tengah perut (dilambung)
    2. nyeri disekitar pusar (usus kecil,sal kemih)
    3. nyeri perut kanan bawah (usus buntu, ovarium)
    Jika nyeri disebelah kanan dan beberapa hari kemudian datangnya haid, biasanya ovarium kanan yang matang karena tidak dibuahi maka akan keluar sebagai haid.Nyeri perut sebelum haid adalah normal bagi setiap perempuan.Tergantung dari lokasi nyerinya.Jika sering mengalami sakit perut sebaiknya datang berkonsultasi dengan dokter kandungan jika bermasalah dengan haid.Keputihan normal biasanya seminggu sebelum haid, tidak gatal dan tidak berbau.Bisa juga saat kita kecapean,lelah,stress maka akan muncul keputihan.Jika keputihan berubah warna,gatal dan berbau harus diperhatikan kemungkinan besar ada infeksi dari dalam rahimnya.Mengenai benjolan disekitar area kelamin harus diperhatikan,sebaiknya mba Nicola konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, apakah infeksi tersebut berasal dari virus atau bakteri.Apakah berbahaya atau tidak harus diperiksa dulu untuk melihat bentuk benjolannya.
    Semoga informasi ini bermanfaat bagi mba Nicola.

Pertanyaan lain