• Pertanyaan Terbaru
  • Pertanyaan Populer

efek spiral

Selamat pagi…

Dokter….
Saya sudah pakai spiral 7 bulan…
2 bulan terakhir…ada gejala seperti rasa nyeri di tulang bokong rasanya seperti ditusuk2
Kadang rasanya sampai ke vagina..kenapa ya ??
Haid pun lama selesainya…kadang 2 minggu lebih…darahnya engga banyak…biasa saja
Darah keluar cm 3/4 hari saja sisanya sedikit bahkan cm setetes saja…
Selama saya kontrol sich ga ada masalah…semua ok
Tp kenapa rasa nyeri itu ada stlh 5 bln pakai spiral ya ??

Dokter…..adakah efek samping dari penggunaan kondom ?
Mohon penjelasannya…terima kasih

    Dokter RSMK Bekasi Timur
    Dokter RSMK Bekasi Timur

    Selamat pagi bu Dinar…
    Terimakasih atas kunjungannya diwebsite RS Mitra Keluarga Bekasi Timur.
    Kami mohon maaf atas keterlambatan membalas email dari bu Dinar.
    Dari keluhan bu Dinar,kemungkinan spiral yang dipakai sudah tidak cocok lagi, karena sudah menimbulkan keluhan yang seperti bu Dinar ungkapkan.Sebaiknya spiral tersebut dilepas dulu, tunggu infeksinya sembuh baru dipasang kembali.Atau bu Dinar bisa memilih alat kontrasepsi jenis lain.Mengenai pertanyaan bu Dinar tentang efek samping dari kondom tidak ada, kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah atau menghindari infeksi menular seksual.Salah satu kekurangan alat kontrasepsi ini adalah bocor, jadi sebelum digunakan harus diperiksa lebih dulu apakah bocor atau tidak.Cuma kondom ini tidak terlalu disukai karena mengganggu saat berhubungan seksual.
    Semoga informasi ini bermanfaat bagi bu Dinar.

Pertanyaan lain