USG Transvaginal

 

Apakah yang dimaksud dengan USG Transvaginal?

Pemeriksaan USG Transvaginal (melalui vagina) merupakan suatu metode pencitraan pada organ genitalia wanita dimana sebuah pemindai dimasukan ke dalam vagina. Pemindai dimasukan ke dalam rongga vagina untuk melihat struktur pelvis (rongga panggul), sementara gambaran ultrasound terlihat di monitor. Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk memngevaluasi pada wanita dengan masalah infertilitas, perdarahan yang abnormal, utnuk mencari penyebab nyeri yang tidak jelas pada organ genital, malformasi kongenital pada uterus (rahim) dan ovarium, kemungkinan tumor dan infeksi, dan pada kehamilan.

USG Transvaginal

USG Transvaginal

Kapan sebaiknya dilakukan USG Transvaginal?

Pemeriksaan ini lebih baik daripada USG abdominal (melalui perut) pada awal-awal kehamilan (10 minggu), pada ibu dengan berat badan berlebih (obesitas), atau pada ibu hamil yang arah rahimnya ke belakang.

Adanya kehamilan di luar rahim, ataupun abnormalitas pada janin juga dapat dilihat lebih jelas dengan pemeriksaan ini. Sedangkan pada triwulan kedua, USG transvaginal juga berperan dalam mendiagnosis anomali atau kelainan kongenital.

Namun, pemeriksaan USG transvaginal ini tidak dimaksudkan untuk mengganti peran USG abdominal, melainkan sebagai suplemen atau tambahan yang sifatnya sebagai pelengkap. Jadi, jika dokter melakukan pemeriksaan ini, mungkin memang dokter tersebut merasa pemeriksaan dengan USG abdominal sudah cukup.

USG Transvaginal

USG Transvaginal

Apa keuntungan dilakukan USG Transvaginal?

Keuntungan USG Transvaginal antara lain:

  1. Lebih jelas untuk menilai mengenai kehamilan pada masa-masa kehamilan awal (10 minggu) jika dibandingkan dengan USG abdomen (melalui perut)
  2. Lebih jelas untuk menilai mengenai kehamilan pada ibu dengan berat badan berlebih (obesitas)
  3. Lebih jelas untuk menilai mengenai kehamilan pada ibu hamil yang arah rahimnya ke belakang.
  4. Dan pada keadaan-keadaan lainnya yang menurut dokter tidak cukup hanya dengan pemeriksaan USG abdomen (melalui perut)

Apa kerugian dilakukan USG Transvaginal?

USG Transvaginal hampir tidak memiliki kerugian, kecuali rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan oleh pasien.

Leave a Reply


eight + = 10