KLINIK DIABETES MELLITUS

Klinik Diabetes Milletus Klinik Diabetes Milletus

Diabetes Mellitus (DM) dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang fatal bila tidak segera mendapat penanganan yang tepat. Angka kejadian penyakit ini terus mengalami peningkatan seiring dengan perubahan gaya hidup, terutama jenis makanan yang dikonsumsi serta berkurangnya kegiatan jasmani.

Komplikasi jangka panjang diabetes meliputi gangguan pembuluh darah kecil (mikrovaskular) dan pembuluh darah besar (makrovaskular), yaitu gangguan penglihatan, gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi seksual, gangguan fungsi syaraf, stroke, penyakit jantung koroner, dan penyakit pembuluh darah tepi.


FASILITAS DAN PELAYANAN

  • Klinik Konsultasi

Dokter konsultan diabetes dan endokrin akan memberikan konsultasi dan pemeriksaan secara komprehensif kepada penderita diabetes atau gangguan tiroid lainnya, serta pemeriksaan penunjang dan pengobatan.

  • Klinik Gizi

Pelayanan konsultasi dengan dokter gizi untuk pengaturan asupan kalori/diet yang sesuai dengan kebutuhan tiap individu penderita diabetes melitus untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang

  • Perawatan kaki diabetik

Salah satu penyulit kronik dari diabetes adalah kaki diabetes. Kaki diabetes adalah kelainan tungkai kaki bawah akibat diabetes mellitus yang tidak terkendali. Kelainan kaki diabetes mellitus dapat disebabkan adanya gangguan pembuluh darah, gangguan persyarafan dan adanya infeksi. Sering dijumpai penderita mengeluh kaki terasa sakit, kebas, dingin, perubahan warna kulit (kaki tampak pucat atau kebiru-biruan) dan luka yang sukar sembuh. Tidak jarang pasien datang pada saat kakinya sudah mengalami infeksi dan berkembang menjadi ulkus gangrene.

Perawatan kaki merupakan upaya pencegahan primer terjadinya luka pada kaki diabetes. Tindakan yang harus dilakukan dalam perawatan kaki untuk mengetahui adanya kelainan kaki secara dini, memotong kuku yang benar, pemakaian alas kaki yang baik, menjaga kebersihan kaki dan senam kaki.

Hal yang tidak boleh dilakukan mengatasi sendiri bila ada masalah pada kaki atau penggunaan alat-alat/benda. Pasien perlu mengetahui perawatan kaki diabetik dengan baik, dengan demikian kejadian ulkus gangrene dan amputasi dapat dihindarkan.

  • Edukasi Diabetes
    Edukasi merupakan salah satu dasar dari penanganan diabetes dan kunci keberhasilan bagi program jangka panjang penanganan diabetes secara individual. Program Edukasi diselenggarakan secara berkala mengenai seluk beluk diabetes dan komplikasinya dalam bentuk talkshow yang dipandu oleh dokter-dokter spesialis /edukator diabetes RS Mitra Keluarga.
  • Senam diabetes

Senam kesehatan diabetes dipandu oleh instruktur senam diabetes yang berpengalaman, Olahraga yang teratur pada diabetisi bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, mengontrol berat badan dan meningkatkan kebugaran serta daya tahan tubuh

Pemeriksaan gula darah mandiri

Pemantauan kadar gula darah mandiri dengan glukometer secara teratur dapat memberikan informasi kepada para diabetesi sejauh mana keberhasilan program pengendalian diabetes saat itu. Informasi ini sangat berguna untuk membantu anda melakukan evaluasi terhadap asupan makanan, aktivitas fisik, serta pengobatan yang digunakan, sehingga kadar gula darah dapat dijaga sebaik mungkin.

Selain itu pemantauan bermanfaat pada kondisi dimana diabetesi sedang sakit atau dalam keadaan stress, sehingga kadar gula darah yang rendah atau tinggi dapat segera diketahui dan pertolongan dapat segera dilakukan.