Penyakit pada prostat

Apakah kalenjar prostate itu?

Adalah kalenjar yang hanya terdapat pada pria ,sebesar biji kenari.Letak prostate persis di bawah kandung kemih.Kalenjar ini ditembus pipa saluran kemih yang keluar dari kandung kemih.Di dalam prostate juga bermuara saluran air mani yang berhulu dari buah zakar.Sebagian sperma berasal dari getah prostate.Getah prostate merupakan media agar sel benih spermatozoa dapat bertahan hidup.Kehidupan prostate dirangsang oleh hormone laki-laki yang diproduksi buah zakar.

Penyakit prostate itu apa saja ?

Dari urutan yang paling sering:
1.  BPH ( Benign Prostate Hipertrophy)-pembesaran jinak kalenjar prostate
2.  Kanker Prostate
3.  Peradangan prostate tanpa adanya bibit penyakit
4.  Infeksi Prostate
5.  Batu Prostate

Mengapa prostate membesar?

Prostate pada umumnya mulai membesar setelah pria melewati usia 40 tahun.Ini disebabkan semakin menurunnya hormon laki-laki androgen.Namun tidak semua pria diatas 40 tahun pasti prostatenya membesar.
Pembesaran prostate arahnya ke bagian tengah, sehingga menjepit pipa saluran kemih yang melewatinya.Semakin besar prostate semakin mendesak kandung kemih yang berada diatasnya.Sampai sekarang belum jelas mengapa prostate membesar,diduga mineral Zinc ( Seng ) berperan dalam kehidupan prostate.


Gejala pembesaran prostate apa saja?

1.  Pancaran kencing menjadi berkurang dan ukuran penampang kencing menjadi kecil
2.  Kencing menjadi lebih sering,sedikit-sedikit dan tidak tuntas
3.  Sering kencing malam hari
4.  Kemungkinan timbul kencing berdarah.

Apa semua prostate yang membesar timbul gejala ?

Tidak selalu . Secara normal sehabis kencing air seni yang tersisa di kandung kemih tak lebih dari 10 cc saja.Dengan membesarnya prostate sisa kencing lebih dari itu.Apabila sisa kencing lebih dari 1000 cc, pembesaran prostatenya akan teraba sewaktu diperiksa colok dubur ( Rectal Toucher ). Namun kendati sisa kencing sebanyak itu belum tentu pasien mengeluh.

Bagaimana memastikan pembesaran prostate?

Dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur sehingga dapat meraba dengan benar pembesaran prostate.Dari sini dokter akan mendapat kesan apakah ini suatu pembesaran prostate atau kanker prostate.
Setelah itu dilakukan peneropongan saluran kemih dengan Cystourethroscopy.Dari pemeriksaan ini akan diketahui besarnya pembesaran prostate, seberapa besar sumbatan pada saluran kemih, dan seberapa besar kandung kemih terdesak.

Apakah semua pembesaran prostate harus dioperasi ?

Tidak selalu harus operasi.Indikasi operasi jika :
1.  Dari penilaian sisa urine lebih dari 1000cc atau sudah ada gangguan ginjal akibat air seni terbendung sampai ke ginjal.
2.  Sering infeksi berulang dan menetap pada prostate
3.  Terjadi kencing darah
4.  Urine terbendung dadakan atau lama.
5.  Kencing malam hari lebih dari 3X dalam semalam.
6.  Pembesaran prostate sudah mengganggu fungsi seksual.

Prinsipnya lebih baik menunggu dengan penuh kewaspadaan . Biasanya diberi obat untuk mengecilkan tumor dan meringankan gejala. Obat golongan Alpha Blocker yang sebetulnya obat darah tinggi, ternyata dapat mengendurkan otot leher kandung kemih sehingga memudahkan dalam berkemih.Selain itu juga diberi obat untuk menekan hormone dan mengecilkan tumor seperti Finasteride dengan efek samping impotensi dan libido menurun.

Apakah semua jenis operasi untuk pembesaran prostate tergolong aman?

Pilihan paling aman dengan jenis operasi melalui saluran kemih ada 2 jenis :
1.  TURP ( Transurethral Resection of Prostate )
2.  TIUIP ( Transurethral Incision of Prostate )—dengan komplikasi impotensi yang lebih besar dari TURP
3.  Hiperthermia ( Pemanasan )
4.  Pemasangan gelung metal ( Prostate Stents)

Apa bedanya pembesaran prostate dengan kanker prostate?

Kanker prostate adalah ganas.Sekitar 15 % terjadi pada usia diatas 55 tahun.Pada usia diatas 65 tahun umumnya keganasan prostate mematikan.
Diperlukan waktu 2-5 tahun untuk memunculkan gejala kanker prostate. Kanker dini terdeteksi jika dilakukan pemeriksaan colok dubur ( Rectal Toucher) . Jika benar ada kanker prostate,dokter akan meraba pembesaran prostate yang keras biasanya pada bagian belakang prostate sehingga keluhan berkemih tidak secepat dan sesering pada pembesaran prostate.
Pada pembesaran prostate jinak,pada colok dubur akan teraba lebih lunak seperti karet dan pada umumnya simetris.Gangguan berkemih baru muncul setelah kankernya mencapai stadium lanjut.Oleh karena itu cara yang paling sederhana untuk mendeteksi dini kanker prostate dan pembesaran prostate adalah dengan colok dubur.Maka penting untuk melakukan pemeriksaan colok dubur secara berkala.Tigaperempat dari yang tidak dicurigai kanker prostate, dengan colok dubur ternyata didapai kanker prostate.Maka semua pria diatas 50 tahun wajib melakukan colok dubur secara berkala.

Bagaimana memastikan kanker prostate?

Pemeriksaan colok dubur baru pada tahap awal,apabila setelah pemeriksaan colok dubur dicurigai kanker prostate maka dilakukan pemeriksaan laboratorium darah : Phospatase Asam,LDH, PSA(prostate Specific Antigen ), TRAP ( Tartrate Acid Phospatase), Euglobin Lysis Time , Aldolase .Dalam urine mungkin ditemukan darah,nanah atau sel.Dilakukan Bone Survey, IVP ( untuk pemotretan saluran kemih dengan suntikan kontras), biopsy sel tumor dengan menyedot sumsum tulang.Kecurigaan kanker  bertambah jika muncul nyeri pinggang tanda kanker sudah menyebar ke tulang belakang.Nyeri pinggang sering mendahului gejala gangguan berkemihnya.

Apakah kanker prostate dapat dicegah?

Oleh karena penyebabnya tidak diketahui pasti,maka ada beberapa faktor yang diperkirakan berpengaruh dalam kanker prostate diantaranya :
1. Faktor hormone tetosteron yang tinggi.Sebab pada pria yang sudah dikebiri tidak ditemukan kanker prostate atau pembesaran prostate.Itu sebabnya pada pasien dengan pembesaran prostate atau kanker prostate tidak boleh diberi obat hormone seks / obat kuat seks.
2. Faktor diet lemak tinggi diduga ada kaitannya dengan gangguan prostate
3. Kejadian kanker prostate kecil pada orang Jepang dan Vegetarian.

Bagaimana mendeteksi dini kemungkinan ada kanker prostate?

Semua pria berumur 40 tahun sudah mulai penyaringan pemeriksaan prostate setiap tahun dengan colok dubur, USG, atau biopsy jika dicurigai kanker prostate.

Apa terapi kanker prostate?

Jika masih stadium awal diangkat dilanjutkan dengan radiasi.Tapi jika sudah menyebar diterapi dengan obat hormone yang menekan tetosteron dan juga obat kemoterapi, atau dengan pengangkatan buah zakar atau dengan cryosurgery ( bedah dingin ).Ketiga cara ini sama-sama punya efek samping menurunkan libido dan impotensi. Setelah operasi perlu monitor terus :
1.  PSA tiap 6 bulan
2.  Bone Scan atau CT – Scan untuk melihat metastasis
3.  Pengukuran sisa urine dalam kandung kemih PVR ( Post Void Recidual )

Selain itu gaya hidup pasca bedah juga perlu diubah antara lain dengan menghindari alcohol , batasi minum malam hari, mandi air hangat , tidak minum obat flu yang mengandung dekongestan, antara lain Phenylpropanolamin/PPA.

Apa yang disebut prostatitis?

Prostatitis bisa 2 macam:
1. Memang ada infeksi prostate—bisa mendadak/menahun biasanya karena kuman dari usus. Adanya kuman dengan biakan getah prostate yang diambil dengan cara urut pada prostate. Gejala infeksi diawali dengan demam, sering kencing, nyeri antara kemaluan dan dubur.
2.  Hanya peradangan pada prostate tanpa adanya bibit penyakit—tidak diketahui penyebabnya. Gejalanya sama dengan infeksi prostate menahun,namun hasil biakan prostate tidak ditemukan adanya kuman penyebab.

Apa hubungan prostate dengan mineral Zinc?

Ada. Prostate lebih banyak mengandung mineral zinc dibanding organ tubuh lainnya. Pada radang prostate (prostatitits) kandungan Zn dalam prostate dan air mani berkurang.Pemberian suplemen Zn mengurangi keluhan pada pembesaran prostate.

Sumber makanan apa yang banyak mengandung unsur Zinc ?

Paling banyak terdapat dalam kerang-kerangan, jahe, lada hitam, paprika , mustard,bubuk cabai merah, kayu manis.

Oleh : Dr. Entjeng Hidayat, SpU

Leave a Reply


five − 1 =