OPERASI WASIR DENGAN NYERI MINIMAL

wasir1wasir2

Wasir bisa diderita siapapun tanpa terkecuali, dan sangat menyiksa bila sudah sampai tahap lanjut. Curiga adanya wasir jika saat mengedan keluar darah segar baik menetes, menyembur ataupun membekas pada tisu, rasa sakit atau gatal di daerah anus, serta keluar tonjolan. Wasir terjadi. jika jaringan penyokong menjadi longgar dan pembuluh darah melebar di dalam anus serta bagian luar dubur sehingga jaringan hemoroid turun ke dubur. Hemoroid adalah jaringan normal yang terdapat di saluran anus. Fungsinya melindungi saluran anus dan menjadi bantalan saat buang air besar.

Ada dua kategori wasir, yakni wasir bagian luar dan wasir bagian dalam. Kendati demikian secara medis wasir bagian dalam dibedakan dengan beberapa tingkatan. Wasir stadium satu yakni kondisi di mana dubur terkadang mengeluarkan darah serta terasa gatal dan panas saat BAB. Sedangkan pada stadium dua dubur yang menonjol keluar dapat teraba akibat pembengkakkan, namun tonjolan tersebut dapat masuk sendiri ke dalam dubur jika terjadi kontraksi. Pada wasir stadium tiga, tonjolan yang keluar dari dubur pada saat BAB hanya dapat dimasukkan kembali jika dibantu dengan jari. Dan pada stadium empat tonjolan sama sekali tidak dapat masuk lagi (permanen), pasien mengeluh sangat kesakitan karena jaringan terjepit dan darah yang ada di dalam menggumpal.

Saat ini dunia kedokteran mengupayakan penanganan wasir dengan mempertahankan fungsi jaringan hemoroid serta mengembalikan jaringan ke posisi semula, yang disebut dengan metode Procedure for Prolapse and Hemorrhoide (PPH), dengan menggunakan alat disposable yaitu stapler. Prosedur ini telah banyak dilakukan di RS.Mitra Keluarga Bekasi untuk wasir stadium tiga dan empat sejak tahun 2001.

wasir3Prosedur stapler baru dikembangkan padan tahun 90-an, dengan teknik ini hemoroid yang merosot didorong ke atas an dijahit ke selaput lendir dinding anus. Selanjutnya sebuah gelang dari titanium diselipkan di jahitan dan ditanamkan di bagian atas saluran anus untuk mengokohkan posisi jaringan hemoroid tersebut. Keuntungan metode pemotongan hanya dilakukan 3-4 cm di atas batas daerah yang tidak terdapat sensor saraf, sehingga rasa sakit berkurang.

wasir4wasir5Metode ini juga berlangsung cepat, sekitar 15-45 menit, serta memungkinkan pasien pulih dengan cepat, sehingga tidak perlu terlalu lama rawat inap di rumah sakit. Penyulit pada metode PPH dengan metode konvesional tidak jauh berbeda, tetap ada kemungkinan terjadi perdarahan, thrombosis (pembekuan darah), serta penyempitan saluran anus. Namun metode ini lebih menguntungkan terutama dari segi hasilnya yang memuaskan baik dokter maupun pasien. Apalagi jika ditangani oleh dokter bedah yang benar-benar ahli dan professional.

wasir6 wasir7 wasir8

wasir9

Oleh : Dr.Ferdy Limengka,Sp.B,FINACS

Leave a Reply


− four = 1